0
SERGAI | GLOBAL SUMUT-Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah suatu kegiatan yang dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada para mahasiswa dalam memperoleh pengalaman praktek pangan, perikanan, peternakan dan UMKM dengan melakukan kegiatan ditengah masyarakat khususnya desa yang menjadi lokasi PKL di 32 desa di 13 Kecamatan.

Hal ini dikemukakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman dalam sambutannya pada acara pelepasan mahasiswa PKL Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara ( FP USU) di aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (29/8).

Melalui PKL yang telah dilaksanakan lebih kurang 1 bulan ini, Bupati Soekirman berharap para mahasiswa mendapat tambahan keterampilan, informasi, wawasan dan pemahaman terhadap permasalahan di desa yang menjadi lokasi PKL. Sehingga mahasiswa mampu menerapkan ilmu yang didapat memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Disamping itu juga mampu memberikan pencerahan/perubahan sekaligus kontribusi positif pada pembangunan pertanian, karena mahasiswa dikenal sebagai “Agent Of Change dan Social Control”, harap Bupati Sergai.

Kepada para mahasiswa, Bupati Sergai menyampaikan bahwa ada dua hal yang tidak pernah mati dalam hidup ini yakni rasa cinta dan kenangan. Oleh karenanya meskipun PKL telah berakhir, akan tetapi jika ingin menerapkan kembali ilmu yang didapat dari hasil penelitian serta ingin kembali mengulang kenangan masa PKL maka kembalilah ke desa dimana tempat dia melakukan penelitian tersebut. Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat siap menerima para mahasiswa yang ingin membantu memajukan desa di Sergai, papar Bupati Soekirman.


Diakhir sambutannya Bupati Sergai memberikan penjelasan tata cara penulisan dan pengambilan data hasil laporan penelitian yang baik yaitu pertama, harus dipaparkan kebijakan-kebijakan yang ada di desa dan memuat peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kedua, kelembagaan desa yang tersusun rapi mulai dari struktural dan sektoral, ketiga kebersamaan dan keseriusan yang harus ditumbuhkan untuk mencapai rencana kerja yang diprogramkan dan keempat, berjalan sesuai harapan hingga berkelanjutan, ujar Soekirman.

Acara tersebut diwarnai dengan pemaparan dari hasil penelitian dari para mahasiswa dan dihadiri oleh Dekan FP USU Dr. Ir. Hasanuddin, M.Si, Dosen Agribisnis Dr. Ir. Hasman Hasyim, M.Si dan Dr. Ir. Satya Negara, M.Si, Kepala SKPD, Camat, Kades, Sekdes serta ratusan mahasiswa FP USU.
Sebelumnya, Dekan FP USU Dr. Ir. Hasanuddin, M.Si dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dan jajarannya karena telah memberikan kesempatan melakukan penelitian di Kabupaten Sergai. Apa yang disampaikan oleh mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa tentunya masih perlu perbaikan. PKL ini juga tidak berhenti sampai disini saja, semua ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan di desa tempat melakukan penelitian tersebut.(Putranursaid)


Berikan Perubahan Sekaligus Kontribusi Positif  Untuk Pembangunan Pertanian

Post a Comment

Top