0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 mendeklarasikan pembentukan Kelompok Khusus Perguruan Pencak Silat Bela Diri Tangan Kosong (PPS Betako) Merpati Putih Pelindo 1 pada Jumat, (19/8/2016) bertempat di Kantor Pusat Pelindo 1.
Kelompok khusus PPS Betako Merpati Putih Pelindo 1 ini merupakan kelompok khusus yang pertama kali dibentuk pada BUMN di Indonesia berdasarkan rekomendasi izin dari Pengurus Pusat Merpati Putih di Jakarta dan saat ini peserta latihan mencapai ± 200 orang yang terdiri dari para pegawai, keluarga pegawai dan unsur pengamanan  Pelindo 1 yang berasal dari kantor pusat, cabang pelabuhan Belawan, TPKDB dan BICT,  dan organisasi ini diketuai oleh Ridwan Sani Siregar.

Deklarasi ini dihadiri oleh Direktur SDM dan Umum Hamied Wijaya yang diwakili oleh Kepala Satuan Pengawas Internal Pelindo 1, Arief Utomo.
Dalam sambutannya Arif mengatakan bahwa manajemen sangat mengapresiasi Kelompok Khusus PPS Betako Merpati Putih Pelindo 1 yang tersebar di empat provinsi yaitu Aceh, Sumut, Riau dan Kepulauan Riau.


“ Kami sangat gembira apalagi kegiatan ini sangat bagus dalam mendukung kesehatan pegawai untuk lebih bugar dan energik dalam bekerja serta prinsip-prinsi dan nilai yang diajarkan dalam ilmu bela diri ini selaras dengan nilai budaya perusahaan Pelindo 1 “CIPTa” Customer focus, Integrity, Professionalism dan Team Work.” Jelas Arif.

Deklarasi ini juga langsung disaksikan oleh Dewan Guru PPS Betako Merpati Putih, H. MA Purwono, Penasihat Kelompok Khusus Pelindo 1, Heri PB Hartono, Oberlin Sihombing dan Handy Lubis selaku Korps Pelatih Pelindo 1, Rono selaku pembina DKI Jakarta, Bambang Yunarso dan Dodi Fitria selaku Pengcab Bekasi,  Pengurus Daerah Sumatera Utara, Pengurus Cabang Medan.

Basuki Widodo, salah satu anggota PPS Betako Merpati Putih Pelindo 1 mengaku setelah mengikuti latihan dapat meningkatkan kebugaran fisiknya. “Banyak manfaat yang saya peroleh, dimana kondisi tubuh saya sekarang semakin sehat, stabil dan semangat. Ada 2 (dua) jenis latihan yang diajarkan kepada kami, yaitu teknik latihan beladiri dan pengolahan nafas, ” ujar Basuki.

PPS Betako Merpati Putih ini merupakan perguruan pencak silat yang sudah mendunia dan memiliki cabang perguruan di beberapa negara, seperti Belanda, Amerika Serikat, Malaysia, Filipina, Jepang dan Spanyol.
Perguruan ini juga merupakan salah satu aset budaya bangsa yang terbentuk sekitar tahun 1550-an dan perlu dilestarikan serta dikembangkan selaras dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi dewasa ini.
PPS Betako Merpati Putih adalah salah satu warisan ilmu beladiri karya nenek moyang Indonesia asli, dan bertujuan menempa kepribadian anggota-anggotanya agar berwatak dan berkepribadian luhur, berbudi, kuat, harmonis, dinamis serta patriotis, sesuai filsafat Indonesia, yaitu Pancasila. Beladiri ini juga merupakan beladiri wajib di lingkungan militer dan kesatuan elite nya.

Selain menjalankan bisnis di bidang jasa kepelabuhanan, Pelindo 1 juga concern untuk melakukan pengembangan bakat dan kreativitas para pegawainya. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan olahraga yang bisa meningkatkan kerjasama dalam tim, mendorong kreativitas dan semangat dalam bekerja serta menguatkan silaturahim antara pegawai dengan manajemen. (abu)

Posting Komentar

Top