0
Soekirman : Sei Bah Bolon Sergai Angkat Destinasi Kunjungan Wisatawan

SERGAI  | GLOBAL SUMUT-Sungai Sei Bah Bolon yang terletak di Kecamatan Sipispis kaya akan potensi sungai yang memiliki karakteristik unik dan sangat mendukung sebagai sebagai lokasi olahraga arus deras (arung jeram) yang mampu mendongkrak serta mengangkat tingkat destinasi kunjungan wisatawan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Jeram Sei Bah Bolon terkenal dengan grade II dan III bahkan juga sungai sepanjang 16 km ini terkenal dengan Green Canyon-nya Sumatera Utara (Sumut).

Hal Ini dikemukakan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman ketika membuka acara Eksebisi Arung Jeram 2016 bersama Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Wakajatisu) Baginda Polin Lumbangaol SH, MH yang dilaksanakan di sepanjang aliran Sei Bah Bolon Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis, Sabtu (3/9).

Bupati Sergai Soekirman yang juga merupakan Ketua Pengda FAJI Sumut juga optimistis bahwa semakin bergairah membina olah raga ketangkasan arung jeram di Sumut. Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XIX di Bandung, Jawa Barat, olahraga arung jeram terpilih menjadi salah satu cabang olahraga eksibisi. Masyarakat Kabupaten Sergai juga patut berbangga karena anak-anak Sergai menjadi atlet yang turut membawa nama Provsu diajang Nasional tersebut.

Gaung olahraga arung jeram Sei Bah Bolon saat ini telah menjadi daya tarik dan kalender rutin kunjungan wisatawan daerah lain bahkan mancanegara. Kehadiran Wakajatisu bersama jajarannya menjajal adrenalin menantang arus deras Sei Bah Bolon ini dipaparkan Bupati Sergai H. Soekirman menjadi bukti arung jeram Sei Bah Bolon memiliki keunikan tersendiri. Sebagai apresiasi atas kunjungan Wakajatisu ini, Pemkab Sergai memberikan penghargaan dengan menamakan salah satu track/jalur dengan nama “Track Wakajatisu”.

Kecamatan Sipispis yang terkenal dengan SDA nya seperti produksi tanaman diantaranya buah duku dan durian, dengan kehadiran pariwisata arung jeram menjadi tambahan nafas kehidupan masyarakat di kecamatan ini  dalam meningkatkan perekonomiannya. Untuk itu, kedepannya harus dilakukan upaya kegiatan yang produktif maupun kerjasama stakeholder sebagai peningkatan membangun desa, salah satunya melalui pariwisata arung jeram ini. Oleh karena itu diminta kepada seluruh elemen masyarakat kabupaten Sergai untuk menjaga seluruh potensi desa baik SDA maupun SDMnya terkhusus sumber daya pariwisata, pungkas Ir. H. Soekirman

Dalam kesempatan yang sama Wakajatisu Baginda Polin Lumbangaol SH, MH menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan luar biasa oleh Bupati Sergai dan jajaran SKPDnya. Ekspedisi arung jeram yang dilakukannya bersama Bupati Sergai menjawab rasa keingintahuanya tentang jalur arung jeram Sei Bah Bolon ini dan tantangan arus liarnya ini terbukti setelah menjajalnya. Dengan pengelolaan baik dan rasa kebanggaan masyarakat untuk memasyarakatkan pariwisata arung jeram Sei Bah Bolon ini,  niscaya dapat mempromosikan arung jeram sehingga bisa dikenal masyarakat luas bahkan dunia, ujar Wakajatisu.

Turut hadir pada acara ini Kajari Sergai Erwin Panjaitan SH, Kajari Tebing Tinggi Fajar Rudi Manurung SH beserta jajaran Adhi Yaksa Sergai dan Tebing Tinggi, Wabup Darma Wijaya, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Asisten Pemerintahan Umum Drs. Ramses Tambunan, para Kepala SKPD, Camat dan Muspika Sipispis dan jajaran Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Tebing Tinggi.(putranursaid)

Posting Komentar

Top