0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Untuk mendukung pembangunan dan pengembangan infraskstruktur pelabuhan khususnya Program Tol Laut yang digagas oleh Pemerintah RI, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 bekerjasama dengan Konsulat Amerika Serikat (AS) di Medan mengadakan sharing session bersama seorang ahli di bidang Manajemen Transportasi dan juga Pengembangan Pelabuhan bernama Peter A. Daley, Kamis, (01/09/2016) di Ruang Selat Malaka, Kantor Pusat Pelindo 1.

Peter A Daley menjadi pembicara dalam sharing session yang bertema “Port Administration and Security Workshop : Best Practices In Port Management”.  “Kehadiran beliau diharapkan dapat membagi pengalaman dan pengetahuannya dalam mengelola, mengembangkan dan membangun industri maritim sehingga dengan sharing session ini dapat memotivasi para pelaku bisnis khususnya di Pelindo 1 untuk mengembangkan Pelindo 1 sebagai pengelola jasa kepelabuhanan yang handal,” jelas Direktur SDM dan Umum, M. Hamied Wijaya saat membuka workshop ini.
Peter A. Daley adalah salah satu tenaga ahli senior kepelabuhanan di Amerika Serikat, yang saat ini menjabat sebagai Deputi Direktur Urusan Maritim Pelabuhan San Fransisco. Peter mempunyai pengalaman lebih dari 25 tahun di dalam bidang manajemen maritim, penanganan kapal-kapal dan jasa- jasa pelabuhan dan juga sebagai pemimpin yang bertanggung jawab untuk lebih dari 650 ribu meter persegi  lahan industri maritim bagian dermaga ataupun terminal laut.

Melalui Sharing Session ini, Peter A. Daley akan melakukan sebuah presentasi tentang pengembangan, pengelolaan, dan manajemen pelabuhan di Amerika Serikat dan infrastrukstur maritim, dilanjutkan dengan sesi brainstorming  dan diskusi secara mendalam untuk aspek-aspek pendukung kelancaran operasi dan pembangunan pelabuhan di Indonesia, khususnya di Pelindo 1.

Penyelenggaraan workshop ini merupakan bentuk kerjasama yang baik antara Pelindo 1 dan Konsulat Jenderal Amerika di Medan guna mendukung pengetahuan dan pemahaman sistem logistik yang efektif dan efisien, khususnya pada peningkatan di bidang sumber daya manusia yang berperan penting dalam suksesnya percepatan penerapan dan impelementasi program tol laut dan poros maritim di Indonesia.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu cara pihak Amerika Serikat untuk memperkuat hubungan kemitraan dan dukungan terhadap Indonesia selain di bidang pendidikan, budaya maupun dukungan untuk membangun perencanaan kota.


Corporate Secretary Pelindo 1, M. Eriansyah menjelaskan bahwa kegiatan sharing session ini rutin dilakukan oleh Manajemen Pelindo 1 yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan, dan juga memupuk semangat karyawan. “Saat ini BUMN dituntut untuk pro aktif dan agresif serta inovatif dalam mengembangkan bisnis.

Kegiatan ini diharapkan memotivasi karyawan sebagai pelaku bisnis yang harus bersaing dikancah global, khususnya dalam mendukung Program Tol Laut pemerintah RI,” ujar Eriansyah. 

Sharing session kali ini dihadiri oleh Jajaran Direksi, para pejabat struktural, para seluruh General Manager dilingkungan Pelindo 1, para Konjen yang berada di Medan, mahasiswa Akademi Maritim yang ada di Medan, dan para stakeholder Pelindo 1, seperti Kadin, Syahbandar, Otoritas Pelabuhan, INSA, dll. (abu)

Post a Comment

Top