0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan berhasil meraih penghargaan Pelayanan Prima Utama dari Kementerian Perhubungan. Penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi kepada General Manager Cabang Pelabuhan Belawan, Sahat Prawira pada tanggal 19 September 2016 di Jakarta.

“Penghargaan yang diterima oleh Pelabuhan Belawan ini tidak terlepas dari komitmen seluruh manajemen Pelindo 1 untuk mengoptimalkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa kepelabuhanan, khususnya kepada masyarakat pengguna jasa angkutan laut,” ujar Sahat Prawira .
Pelindo 1 selaku pengelola Pelabuhan Belawan terus melakukan perbaikan dan pembenahan dari berbagai segi pelayanan jasa kepelabuhanan,  salah satunya peningkatan pelayanan dan fasilitas di terminal penumpang. Terminal Penumpang Bandar Deli saat ini telah hadir dengan konsep layanan dan fasilitas yang lebih modern, nyaman dan sangat memadai.

Terminal penumpang yang mampu menampung 2500 penumpang ini telah dilengkapi dengan 2 (dua) unit Garbarata, fasilitas Automatic Gate, guesthouse, ruang tunggu VIP, dan fasilitas lainnya, dan nantinya akan terkoneksi langsung dengan stasiun kereta api, dimana saat ini telah disediakan jembatan penyeberangan orang (JPO) yang menghubungkan terminal penumpang dengan stasiun kereta api.

Pelaksana Harian Humas Pelindo 1, Rafika Aulia menjelaskan penilaian atas penghargaan pelayanan prima ini dilakukan oleh tim penilai berdasarkan sembilan kriteria penilaian, yaitu visi dan misi serta moto pelayanan, standar pelayanan dan maklumat pelayanan, sistem mekanisme prosedur, sumber daya manusia, sarana dan prasarana pelayanan, penanganan pengaduan, survei kepuasan masyarakat (SKM), sistem informasi pelayanan publik, dan produktivitas dalam pencapaian target pelayanan.

Penghargaan ini merupakan upaya untuk mendorong perbaikan penyelenggaraan pelayanan masyarakat dengan memberikan stimulasi perbaikan pelayanan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada unit penyelenggara pelayanan yang berhasil memperoleh predikat unit pelayanan prima. (abu)

Post a Comment

Top