0
BELAWAN | GLOBAL SUMUT-Untuk mendukung kelancaran Angkutan Natal dan Tahun Baru 2017 khususnya yang melalui Pelabuhan Belawan, Pelindo 1 menyiapkan 3 (tiga) armada bus gratis untuk mengantar penumpang yang baru tiba di Pelabuhan Belawan, dengan tujuan ke Terminal Amplas dan Terminal Pinang Baris Medan.

Penyediaan bus gratis ini bertujuan untuk memudahkan  para penumpang KM Kelud menuju daerah/kota tujuan mudik mereka.

“Bus gratis ini merupakan salah satu bentuk kontribusi Pelindo 1 kepada masyarakat yang sedang melaksanakan mudik di Pelabuhan Belawan, dan hendak merayakan Natal dan Tahun Baru bersama keluarganya,” jelas Fiona Sari Utami, ACS Humas Pelindo 1.

Selain penyiapan angkutan gratis ini, Pelindo 1 juga menyiapkan fasilitas pendukung di seluruh terminal penumpang milik Pelindo 1, seperti di Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan.

“Terminal Penumpang Bandar Deli saat ini sudah dilengkapi dengan 2 (dua) unit garbarata, yang akan memudahkan penumpang untuk naik turun dari kapal menuju dermaga dan sebaliknya,” jelas Fiona 

Selain itu, terminal penumpang ini juga sudah memiliki arsitek bangunan yang lebih modern dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti, guesthouse, ruang tunggu VIP, ruang tunggu  ekonomi, ruang ibu menyusui, balai kesehatan, ruang merokok, kantin, ruang kedatangan dan anjungan, ruangan shalat, kantin, toko cindera mata, toilet pria dan wanita, tanda bahaya (alarm), tata suara (sound), pemadam kebakaran, alat penyelamat kecelakaan di air (pelampung) serta fasilitas automatic gate.

Fasilitas Embarkasi dan Debarkasi juga disiapkan seperti dermaga khusus untuk kapal penumpang, gedung terminal penumpang dan ruang pengantar penjemput maupun ruang informasi, lapangan parkir kendaraan pengantar dan penjemput, serta rambu-rambu arah embarkasi/debarkasi penumpang.

Untuk monitoring Angkutan Natal dan Tahun Baru 2017 ini, juga dibentuk posko monitoring dan tim pemantau kesiapan pelayanan di setiap cabang pelabuhan, yang merupakan posko bersama dan beranggotakan Kesyahbandaran, Otoritas Pelabuhan, Pelindo 1, Polri, TNI AL, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi dan Kesehatan Pelabuhan. Tim ini akan bertugas untuk memantau kegiatan embarkasi dan debarkasi, memantau bongkar muat barang, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, kegiatan  pusat pengendalian trafik dan pusat informasi serta pelaporan.

Tim monitoring dan pelayanan Angkutan Natal dan tahun Baru 2017 ini akan bertugas mulai tanggal 18 Desember 2016 sd 09 Januari 2017.
Untuk media pelaporan dan sistem koordinasi monitoring angkutan Natal dan Tahun Baru 2017, Pelindo 1 akan menyediakan media melalui media portal korporat: www.pelindo1.co.id, video conference , rapat koordinasi serta menetapkan kontak person masing-masing pelabuhan.

“Kami tidak hanya memastikan kesiapan seluruh fasilitas, tapi kami juga memastikan keamanan dan keselamatan penumpang melalui koordinasi dengan pihak regulator (OP/KSOP, Syahbandar dan pihak keamanan di pelabuhan) mengenai batas izin toleransi kelebihan kapasitas penumpang kapal sekaligus pengaturan kendaraan dan antisipasi  tindakan kriminal dalam rangka mewujudkan zero accident, berkoordinasi dengan perusahaan pelayaran agar kapal penumpang tidak sandar pada malam hari, memberikan proritas sandar bagi kapal penumpang, hewan ternak, kebutuhan pokok dan BBM, menyediakan sarana/peralatan khusus dan pelayanan seawal mungkin untuk penyandang disabilitas, meningkatkan pengawasan terhadap bahaya terorisme, penyalahgunaan narkoba, dan tanggap darurat terhadap cuaca ekstrem, serta menyiapkan fasilitas tambahan seperti tenda dan toilet,” tegas Fiona (abu)

Posting Komentar

Top