0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution Msi, menerima Kunjungan Dosen dan Mahasiswa Angkatan ke-70 STIK-PTIK di Ruang Rapat I, Balai Kota, Selasa (7/2). Kunjungan ini terkait Pengabdian Masyarakat (Dianmas) mahasiswa Angkatan ke-70 STIK-PTIK ke wilayah Kota Medan di masa Akhir Pendidikan Kepolisiannya.

Kehadiran 12 Mahasiswa Angkatan ke-70 STIK-PTIK ini dipimpin Dosen STIK-PTIK dr Erwan Msi. Selain ke Kota Medan mereka juga mengunjungi ke beberapa Kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Wakil Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution didampingi Kepala Kesbangpolinmas Ceko Wakhda Ritonga dan Kasatpol PP M Sofyan, mengungkapkan sangat mengapresiasi dan bangga atas kunjungan Mahasiswa Angkatan ke-70 STIK-PTIK ini. Artinya selain melakukan pengabdian masyarakat di Kota Medan, mereka juga dapat memberikan masukan terkait Kamtibmas bagi Kota Medan.

"Kota Medan merupakan Kota ketiga terbesar di Indonesia. tentunya sebagai Kota Metropolitan dengan jumlah penduduk hampir 3 juta jiwa, Medan memiliki sejumlah permasalahan Kamtibmas dan sosial, Artinya Peran kepolisian sangat dibutuhkan untuk menjaga kekondusifan di Kota Medan ini", kata Wakil Walikota.

Menurut Akhyar, Pemko Medan melalui Kecamatan dan Kelurahan juga terus melakukan koordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa guna mengatasi segala bentuk permasalahan dan kejahatan di tingkat lingkungan. Seperti kejahatan narkoba yang menjadi permasalahan utama di Kota Medan.

"Kemitraan 3 pilar, Babinkamtibmas dan Babinsa saat ini cukup efektif menanggulangi permasalahan yang terjadi di setiap Kecamatan. Artinya setiap potensi permasalahan sosial dapat di deteksi dini oleh kemitraan 3 pilar tersebut. Selain itu saat ini tingkat kejahatan di Kota Medan mulai berkurang dengan kerja sama ini", kata Akhyar.

Dosen Tetap STIK-PTIK Dr Erwan Msi sebagai Pimpinan rombongan Mahasiswa Angkatan ke-70 STIK-PTIK menjelaskan bahwa setiap mahasiswa di akhir pendidikan akan menjalani Pengabdian Masyarakat (Dianmas) seperti mahasiswa perguruan tinggi menjalan KKN ( kuliah kerja nyata). Artinya Dinmas ini bertujuan agar para Perwira Kepolisian RI ini turun langsung dan dapat mempelajari setiap perkembangan yang ada masyarakat.

"Mahasiswa Angkatan ke-70 STIK-PTIK berjumlah 135 orang, mereka di bagi menjadi 2 kelompok, dimana sebagian melakukan Dianmas ke Wilayah Sumatera Utara (Sumut) dan sebagain lagi ke Wilayah Jawa Tengah. Selain Kota Medan, kami akan berkunjung ke Kabupaten dan Kota yang ada di Sumut", jelasnya.

Menurutnya, setelah Dinmas ini para mahasiswa Angkatan ke-70 STIK-PTIK akan di tempatkan ke setiap wilayah Kepolisian di Indonesia. Diharapkan mereka setelah pendidikan Kepolisian ini nantinya menjadi Polri yang terbaik di masa mendatang. Selanjutnya pertemuan ini ditandai dengan penyematan kain Ulos oleh Wakil Walikota Medan kepada Dosen STIK-PTIK dan penyerahan cenderamata.[rs/gbs/mdn]

Posting Komentar

Top