0
DELI SERDANG | GLOBAL SUMUT-Babinsa Koramil 04/Sibiru biru Kodim 0204/DS Serma Suroto melaksanakan pendampingan kepada petani di Desa Rumah Gerat Kec. Sibiru biru melaksanakan perawatan tanaman jagung dengan cara penyiangan atau pembersihan gulma yang tumbuh di sela-sela tanaman milik ibu Nala br. Ginting, Senin (06/02/2017).

Tanaman jagung yang berumur kurang lebih satu bulan  biasanya banyak ditumbuhi gulma berupa rumput liar dan tanaman jenis rumput yang lainnya. Hal ini akan sangat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan tanaman padi.  Salah satu upaya yang dilakukan Babinsa bersama petani yaitu dengan cara dibersihkan atau dicabut sampai ke akarnya.

Ada beberapa hal yang dilakukan para petani dalam membersihkan gulma diantaranya dengan cara manual/tenaga manusia yaitu dicabut menggunakan tangan dan alat-alat sederhana. Selain itu gulma juga bisa dikendalikan secara kimiawi dengan menggunakan herbisida baik yang bersifat kontak maupun sistemik. Namun dalam penggunaan herbisida harus memenuhi lima kriteria tepat yaitu tepat jenis, tepat sasaran, tepat dosis, tepat waktu dan tepat cara.

Keuntungan pembersihan gulma dengan dicabut menggunakan tangan adalah gulma tersebut bisa dijadikan pupuk alami yaitu setelah dicabut kemudian gulma tersebut  ditanam atau dibenamkan di sela-sela tanaman, dan kalau sudah membusuk akan menjadi pupuk alami, jelas Babinsa Serma Suroto.[rs/Penrem 022/PT]

Post a Comment

Top