0
MEDAN  | GLOBAL SUMUT-Dirut Utama Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I, Bambang Eka Cahyana meyakini Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan menjadi Provinsi yang paling menarik untuk investasi. Bukan hanya di Pulau Sumatera, tetapi juga untuk Indonesia.

Sebagai Provinsi yang kaya akan hasil perkebunan dan tambang, Provinsi Sumatera Utara tentunya menjadi modal utama bagi para investor untuk menanamkan modalnya. Hanya hal tersebut belum terealisasi karena terlambatnya dukungan infrastruktur seperti halnya terminal kapal atau pelabuhan.

“Sumut ini sebetulnya potensinya luar biasa. Kaya akan hasil perkebunannya, kaya akan hasil tambangnya. Hanya saja memang infrastrukturnya yang sedikit terlambat. Tahun 2017 ini setelah infrastrukturnya selesai semua, Sumut akan melejit,” ujar Bambang saat melaporkan sejumlah kegiatan dan progresbpembangunan Pelindo I di Sumut kepada Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi di lantai 10 kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan, Selasa (7/2/2017).
Bambang didampingi Dir PP Pelindo I Imam A Sulaiman, Corporate Secretary M Eriansyah menyebutkan, sejak dua tahun lalu Pelindo I terus memacu pembangunan infrastruktur pelabuhan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan produktivitas pelabuhan, sehingga kualitas pelayanan dan kapabilitas pelayanan di seluruh pelabuhan yang dikelola Pelindo I semakin baik.

Dengan semakin baiknya kualitas dan kapabilitas pelayanan tentunya akan menarik bagi pelayaran maupun pemilik barang untuk menggunakan Pelabuhan yang mereka kelola. Termasuk juga menfasilitasi investor di sumut.

“Dengan demikian inilah salah satu kesiapan Pelindo dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Karena kunci sukses dalam rangka menghadapi MEA adalah kualitas pelayanan, efisensi yang itu semua merupakan daya saing,” ujarnya.

Dengan meningkatnya daya saing, lanjut Bambang, maka wilayah itu akan menarik investor atau pebisnis sehingga berlomba-lomba melakukan investasi dan menjalan bisnis di Sumut.

“Saya yakin pada akhir 2017 ini banyak sekali perubahan di Sumut khususnya berkaitan dengan infrasruktur. Dari sisi Pelindo, sebagai salah satu BUMN yang bertanggungjawab menyiapkan infrastruktur Pelabuhan akan melakukan perubahan yang juga akan luar biasa. Apalagi seperti yang dibilang Pak Gubernur seperti halnya Kualatanjung tahap I Agustus 2017 kita targekan beroperasi. Ini akan menjadi pusat pertumbuhan perekonomian di Sumut,” terang Bambang.

Sebelumnya, Gubsu H Tengku Erry Nuradi didampingi staf ahli Gubsu Binsar Situmorang dan Plt Kepala Bappeda Provsu Irman berharap sinerjisitas Pemprovsu dan Pelindo I tetap terbangun demi mendorong pembangunan di Sumut.

Dalam pertemuan tersebut, tambah Gubsu Pelindo I melaporkan sejumlah kegiatan di Provsu diantara lain pengembangan pelabuhan Belawan dan Kuala Tanjung. Selain itu juga Pelindo telah membangun terminal kapal di Tanjung Balai dan di Sibolga.

“Kalau Tanjung Balai mudah-mudahan lebaran ini sudah bisa gunakan. Sedangkan yang di Sibolga pembangunannya sedang berjalan, mungkin Agustus atau September bisa selesai,” ujar Gubsu.

Dalam kesempatan itu, lanjut Gubsu, Dirut Pelindo I juga menyampaikan dalam waktu dekat terminal penumpang Bandar Deli akan mendatangkan kapal Cruz dari luar negeri. Tentunya kedatangan kapal ini akan menambah jumlah wisatawan di Sumut.

“Pembangunan-pembangunan yang dilakukan Pelindo dalam rangka menunjang perekonomian di Sumut. Saya ucapkan terimakasih kepada Pak Bambang dan direktur lainnya semoga bisa bersinerji untuk Sumut yang kita banggakan ini,”tutur Gubsu Tengku Erry. [rs/gbs/mdn]

Post a Comment

Top