0
RANTAU PRAPAT | GLOBAL SUMUT-Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap SE MSi buka acara Pencanangan Bhakti Sosial IBI - KB - Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu tahun 2017 di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu, Rabu (29/3/2017). Hadir dalam pembukaan acara tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hj Siti Awal Siregar, Ketua IBI Hj Rolbariah, SKM, Kadis Kesehatan dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah.

Bupati Labuhanbatu, dalam isi sambutannya menuturkan Profesi Bidan Adalah Salah Satu Profesi Yang Sangat Mulia karena berkontribusi dalam melahirkan generasi yang sehat, cerdas dan berkualitas, profesi ini harus memiliki pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus.

"Selain ditempuh melalui jalur pendidikan formal, seorang bidan juga memiliki kewenangan dalam menjalankan tugasnya, memiliki kode etik bidan, memberi pelayanan yang aman dan memuaskan serta memiliki organisasi profesi."ujarnya.

Selanjutnya, Bupati menyampaikan, Saat ini bidan yang tergabung dalam wadah Ikatan Bidang Indonesia Kabupaten Labuhanbatu berjumlah lebih kurang 565 orang. Keberadaan para bidan dalam menjalankan tugas dan profesinya di berbagai wilayah hendaknya dapat memberikan pelayanan yang profesional sehingga angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir dapat ditekan. “Saya berpesan kepada para bidan agar menjalankan tugasnya tetap berpegang teguh kepada sumpah dan kode etik seorang bidan”. Tutur Pangonal Harahap.

Kemudian, Pangonal Harahap menerangkan Kegiatan Pencanangan Bhakti Sosial IBI-KB-Kesehatan merupakan strategi dalam meningkatkan dukungan komitmen, koordinasi dan sinergitas antara Pemerintah dengan Mitra Kerja dalam meningkatkan pencapaian program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) karena program KKBPK ini merupakan upaya untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk bukan mengurangi jumlah penduduk.

"Program Pencanangan Bhakti Sosial IBI-KB Kesehatan merupakan strategi untuk peningkatan sinergitas pemerintah dengan mitra kerja. Dalam peningkatan tersebut perlunya dukungan komitmen, koordinasi untuk mencapai program kependudukan yang terkendali. Maksud dari terkendali disini adalah mengendalikan peningkatan pertumbuhan penduduk."terangnya.

Selain itu, dalam mengimlementasikan nawacita, agenda prioritasnya pemerintah dalam pembangunan dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. "tahun ini disetiap kecamatan akan dibentuk Kampung KB yang merupakan program unggulan KB di era Jokowi JK dalam mengimplementasikan nawacita". kata Ketua IBI Kabupaten Labuhanbatu Hj Rolbariah, SKM dalam laporannya.

Sambung Rolbariah, agenda kelima yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat indonesia dan agenda ke delapan yaitu melakukan revolusi mental karakter bangsa. Program “Kampung KB” akan terwujud dengan dukungan lintas sektor serta partisipasi masyarakat. :Terwujudnya agenda-agenda tesebut perlu dukungan dan partisipasi  masyarakat."ucapnya.

Dijelaskan Rolbariah, adapun rangkaian kegiatan Pencanangan Bhakti Sosial IBI-KB-Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2017 diantaranya memberikan pelayanan IUD dan Implan secara serentak di setiap Kecamatan pada tanggal 16 Maret 2017 sebanyak 610 akseptor dan pelayanan tersebut melebihi target PPM.
Pelayanan MOP pada tanggal 20 Maret 2017 di Kecamatan Bilah Hulu sebanyak 50 akseptor, tanggal 21 Maret 2017 di Kecamatan Rantau Selatan sebanyak 50 akseptor dan tanggal 22 Maret 2017 di Kecamatan Rantau Utara sebanyak 25 akseptor. Kemudian memberikan pelayanan MOW tanggal 23 Maret 2017 di RSUD Rantauprapat sebanyak 45 Akseptor.

Selanjutnya penandatangan MoU antara DPPKB Kabupaten Labuhanbatu dengan Dinas Kesehatan tentang Pelayanan KB Implant di Posyandu Meja Lima dan Pelayanan IUD Pasca Persalinan di Puskesmas Poned, serta penandatangan MoU dengan RSUD Rantauprapat tentang Pelayanan KB di PKBRS dan Pelayanan KB IUD Pasca Persalinan dan Pasca Keguguran.

Kegiatan Pencanangan tersebut juga dihiasi dengan pemberian hadiah dan piagam penghargaan kepada BKL (bina Keluarga Insani) dan petugas klinik keluarga berencana pencapaian terbaik KB implan serentak di Kabupaten Labuhanbatu.[Hms/gbs/red]

Posting Komentar

Top