0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-M.E  Ginting S.Sos dari Harian Waspada terpilih secara aklamasi kembali menjadi  Ketua Persatuan Wartawan Unit  Pemko Medan periode 2017-2019 melalui proses pemilihan yang benar-benar demokratis  di Ruang Rapat III Kantor Wali Kota Medan, Kamis (9/3). Dengan demikian untuk kedua kalinya Ginting dipercayakan untuk memimpin wadah yang menaungi seluruh wartawan baik cetak, elektronik maupun online di lingkungan Pemko Medan.
               
Kemenangan secara aklamasi ini diraih Ginting setelah Bernard Situmorang SH dari Surat Kabar Mingguan (SKM) Media Bangsa  yang menjadi saingan mengundurkan diri jelang penghitungan suara dilakukan. Dengan pengunduran ini, penghitungan suara pun tidak dilakukan dan pimpinan sidang menyatakan Ginting sebagai pemenang.
               
Pemilihan Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan ini diikuti  96 wartawan dari  115 wartawan yang telah dinyatakan lulus verifikasi oleh panitia penyelenggara pemilihan. Sebelum dilakukan pemilihan, salah satu tatib mewajibkan bakal calon (balon) ketua diharuskan mendapat dukungan minimal 25 suara.
 
Untuk itu  pimpinan sidang yang diketuai  Drs Pangihutan Sirumapea dari SKM Aspirasi didampingi Lilik Riadi (Harian Top Metro) dan Mahbubah Lubis (RRI) melakukan  pemungutan suara. Hasilnya Ginting brhasil meraih 69 suara, sedangkan Bernard 29 suara. Dari hasil ini, keduanya pun dinyatakan lolos mengikuti pemilihan untuk menjadi Ketua Persatuan wartawan Unit Pemko Medan.
               
Selanjutnya kedua kandidat pun menyampaikan visi dan misi. Intinya, kedua kandidat bertekad akan menjalankan program yang tujuannya berupaya meningkatkan sinergitas dan kesejahteraan wartawan di lingkungan unit Pemko Medan. Usai penyampaian visi misi, pemilihan pun dilakukan.
               
Namun jelang hasil pemilihan disampaikan, Bernard tiba-tiba menyatakan mundur. “Penghitungan suara tidak usah dilakukan lagi. Saya mengakui kemenangan saudara ME Ginting,” kata Bernard sambil merangkul Ginting yang  berdiri berada di sebelahnya. Pengunduran diri Bernard ini langsung mendapat apresiasi dan penghormatan dari  rekan-rekan wartawan. Oleh karenanya.
               
Usai pemilihan, Ginting menyatakan siap menjalankan amanah yang diberikan rekan-rekan wartawan dengan sebaik-baiknya. Untuk itu dia akan mempersiapkan program-program yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan para wartawan di lingkungan Pemko Medan.  Kemudian terus membangun kekompakan dan kebersamaan diantara sesama wartawan.
               
“Saya juga akan minta Pemko Medan untuk membuka akses dengan Pemko Medan. Hal ini penting agar rekan-rekan wartawan tidak kesulitan dalam mendapatkan informasi. Di samping itu berita yang disampaikan pun tidak tendesius dan objektif. Dengan demikian wartawan dan Pemko Medan merupakan mitra. Untuk mewujudkan hal ini, tentunya saya minta dukungan penuh dari sleuruh rekan-reklan wartawan,” ungkapnya.
               
Sebelum pemilihan dilakukan, Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kabag Humas Setdakot Medan, Ridho Nasution sangat mengapresiasi digelarnya pemilihan ini. Dia berharap pemilihan dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga menghasilkan ketua yang benar-benar mampu mengayomi seluruh wartawan di lingkungan Pemko Medan. “Selain mampu mengayomi seluruh wartawan, ketua yang terpilih nanti dapat terus membangun sinergitas dengan Pemko Medan, termasuk bersama-sama membangun Medan Rumah Kita sehingga menjadi lebih baik lagi ke depannya,” harap Ridho.
               
Selanjutnya, Ridho  menyampaikan ucapan terima kasih Wali Kota atas sinergitas yang selama ini telah terjalin dengan baik oleh kepengurusan Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan periode 2015-2017. Diharapkan, kepengurusan baru ini dapat memneruskan dan meningkatkan sinergitas tersebut.
               
Mantan Camat Medan Barat ini menambahkan, Bagian Humasy setdakot Medan siap bekerjasama dengan kepengurusan yang baru nanti. Salah satu wujud kerjasama, Ridho menyampaikan rencana untuk emmbuat media centre sehingga para wartawan dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan nyaman di Pemko Medan. Salah satunya dengan menambah fasilitas komputer agar para wartawan dengan cepat dan mudah membuat berita.[rs/gbs/mdn]

Post a Comment

Top