0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Pawai taaruf dalam rangka pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 50 tingkat Kota Medan berlangsung meriah. Pawai taaruf yang digelar disepanjang jalan Tritura, Kec. Medan Amplas, Sabtu (18/3), di ikuti lebih dari 20.000 kafilah dari 21 Kecamatan dikota Medan.

Antusiasme masyarakat menyaksikan pawai  taaruf ini cukup tinggi, meski cuaca cukup terik namun mereka rela berdiri di pinggir jalan  yang dilintasi para kafilah peserta pawai taaruf. Ada yang  melambaikan tangan,  ada pula yang bertepuk tangan sebagai bentuk apresiasi atas kemeriahan pawai. Apalagi   pakaian yang dikenakan para kafilah pun beragam, selain busana Muslim, juga tidak sedikit  yang mengenakan pakaian daerah suku mayoritas yang mendiami masing-masing kecamatan.

Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  bersama Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin, dan Wakil Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi didampingi istri, Ny Nurul Khairani Akhyar, beserta unsur Fokopimda Kota Medan diantaranya Kapolresta Medan, Kombes Pol Sandi Nugroho, Dandim 0201/BS, Kol Inf Bambang Herqutanto, Kejari Medan, Olopan Nainggolan SH menyambut iring-iringan pawai taaruf ketika melintasi tenda kehormatan.

Kafilah peserta pawai taaruf dibagi berdasarkan kecamatan, masing-masing kecamatan mengusung tema yang berbeda. Hampir setiap kontingen menampilkan parade pakaian budaya sebagai lambang  keberagaman etnis di Kota Medan, marching band dan para kafilah yang mengenakan busana muslim.

Kontingen kafilah dari Kecamatan Medan Timur selaku juara umum MTQ tingkat Kota Medan ke 49 tahun 2016, paling terdepan dalam iring-iringan pawai taaruf  sambil membawa piala bergilir yang mereka rebut tahun lalu. Setelah itu disusul kafilah Medan Johor beserta seluruh kafilah lainnya dari seluruh kecamatan di Kota Medan. Selain camat, rombongan kafilah masing-masing kecematan juga diikuti unsur Muspika Kecamatan, lurah, kepling, babinsa dan babinkantibmas.

Penutup iring-iringan pawai taaruf ini adalah kafilah Medan Amplas. Selaku tuan rumah, Medan Amplas merupakan rombongan kafilah terbesar dalam pawai tersebut. Prosesi pawai taaruf berjalan lancar. Dilepas mulai pukul 09.00 WIB dan berakhir menjelang tengah hari.

Usai pawai taaruf, Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin didampingi Wakil Ketuan I TP PKK, Ny Nurul Khairani Akhyar meresmikan pembukaan bazar dan stand di arena MTQ yang ditandai dengan pengguntingan pita disaksikan Walikota dan Wakil Walikota Medan bersama unsur forkopimda Kota Medan. Setelah itu dilanjutkan dengan peninjauan seluruh stand yang memeriahkan MTQ tersebut.

Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi merasa puas dengan pelaksanaan pawai taaruf ini. Walikota mengakui pelaksanaan pawai tahun ini lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk itu Walikota mengucapkan terimakasih atas partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat, kelompok pengajian, camat, lurah, kepala lingkungan dan lainya yang telah ikut serta menyemarakkan pawai taaruf ini.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta pawai karena berlangusng sangat meriah. Pawai  taaruf ini akan semakin menambah kebersamaan masyarakat dalam memeriahkan pelaksanaan MTQ.  Dengan kebersamaan yang kita jalin melalui pawai ini, semoga menjadi motivasi bagi para qori-qoriah kita untuk tampil lebih baik,” kata Walikota.

Walikota selanjutnya berharap agar MTQ tahun ini dapat melahirkan qori-qoriah terbaik, sehingga mampu mengharumkan nama Kota Medan di tingkat nasional maupun internasional.

“Ingat  Medan selama ini selalu melahirkan qori maupun qoriah yang mengukir prestasi di tingkat nasional maupun internasional. Insya Allah, melalui MTQ ini akan lahir kembali dan Pemko Medan siap mendukungnya,” ungkapnya.

Demi suksesnya pelaksanaan MTQ ini, Walikota kembali mengajak seluruh warga untuk hadir dan menyaksikan pelaksanaan  MTQ yang berlangsung selama sepekan ini.

“Mari kita jadikan pelaksanaan MTQ tahun ini sebagai momentum untuk semakin mencintai Al Quran, sehingga Allah SWT senantiasa melindungi kita di dunia dan akhirat,” harapnya. [rs]

Posting Komentar

Top