0
BELAWAN | GLOBAL SUMUT-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 bekerjasama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan menggelar Workshop Foto dengan tema “Memahami Fotografi Infrastruktur” pada Senin, 13 Maret 2017 bertempat di Terminal Penumpang Bandar Deli, Pelabuhan Belawan. Workshop ini berisi diskusi foto yang dibawakan oleh Arbain Rambey, Fotografer Senior Harian Kompas dan Andi Lubis, fotografer Senior Medan dan diikuti sebanyak 100 (seratus) orang peserta yang merupakan penghobi fotografi, baik dari kalangan mahasiswa, pegawai, dan umum.

“Saat ini, pemerintah RI sedang fokus untuk melaksanakan pembangunan proyek strategis nasional, dimana beberapa diantara proyek strategis tersebut  berada di Sumatera Utara, diantaranya yaitu Pelabuhan Kuala Tanjung dan juga penataan Pelabuhan Belawan. Keseluruhan proyek-proyek strategis tersebut akan lebih mudah disampaikan/dikomunikasikan ke publik melalui foto yang berkualitas dan representatif. Disinilah fotografi memiliki peran yang penting untuk menyampaikan informasi tentang pembangunan kepada masyarakat secara real dan akurat,” jelas M. Eriansyah, Corporate Secretary Pelindo 1 dalam sambutannya saat membuka workshop foto ini.
“Para fotografer jurnalistik merupakan salah satu pengontrol sosial, dimana kita memberikan pesan visual terhadap suatu perubahan.  Melalui workshop ini diharapakan dapat menambah wawasan dan paradigma para fotografer, sehingga dapat menghasilkan karya yang artistik dan menjadi salah satu acuan dalam perubahan kota yang lebih baik. Kami juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pelindo 1 yang sudah memahami kinerja dan peran pewarta foto dan  selalu konsisten dalam memajukan fotografi, khususnya di Kota Medan,” ujar Rahmad Suryadi, Ketua PFI Medan.

Selain menyelenggarakan workshop foto, Pelindo 1 juga mengadakan pameran foto hasil karya para finalis yang mengikuti Lomba Foto Jurnalistik dengan tema “Pelindo 1, 24 Tahun Melayani Negeri”  dan mengumumkan para pemenang lomba foto tersebut, dimana pemenang lomba foto jurnalistik Pelindo 1 diraih oleh Riski Cahyadi dari Harian Tribun.

“Penyelenggaraan lomba fotografi ini merupakan apresiasi dan dukungan Pelindo 1 untuk turut mengembangkan kreativitas dan inovasi para fotografer sekaligus perwujudan dari transformasi yang sudah dilakukan oleh Pelindo 1 selama 24 tahun melayani negeri,” jelas Fiona Sari Utami, ACS Humas Pelindo 1.[man/abu]

Post a Comment

Top