0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumatera Utara menggelar rapat kerja di Aula gedung PKK Kota Medan, Jalan Rotan, Medan Petisah Kamis (30/3). Selain membahas program kerja kedepan, Rapat ini juga membahas konsolidasi kepengurusan YJI cabang Sumut periode 2014 - 2019 dibawah Ketua Umum yang baru Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin.

Rapat Kerja yang di pimpin oleh Ketua Umum YJI Cabang Utama Sumut dihadiri seluruh pengurus diantaranya Wakil Ketua I, Prof dr Sutomo Kasiman, Wakil Ketua II, Drs Musadad, Sekretaris Prof dr Afif Siregar, dan Kadis Kesehatan Kota Medan drg Usma Polita Nasution, Kadispora Marah Husin, Ketua Badan Pelaksana Klub Jantung Sumut Eka Susila serta Perwakilan Klub Jantung Sehat Polonia, dan para instruktur Senam Jantung Sehat.

Dikatakan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin yang juga Ketua TP PKK Kota Medan, kepengurusan ini harus aktif dan kompak dalam bekerja sama membesarkan YJI Cabang Sumut. Banyak program yang akan kita lakukan kedepannya, selain mensosialisasikan kepada masyarakat untuk rutin Senam Jantung sehat Dilapangan Merdeka, kita juga akan membentuk klub jantung sehat di setiap Kecamatan di Kota Medan. Kemudian melatih instruktur senam yang merupakan perwakilan dari masing - masing Kecamatan.

"Saat ini saya telah memberikan masukan kepada Bapak Walikota agar menginstruksikan kepada seluruh SKPD dan Camat serta Lurah untuk mengikuti Senam Jantung sehat di lapangan merdeka. Artinya keluarga besar Pemko Medan dahulu yang kita sosialisasikan, baru masyarakat lainnya", kata Rita.

Dijelaskan Rita Maharani yang juga merupakan Bunda PAUD Kota Medan, dirinya setiap minggunya juga ikut senam jantung sehat, tentunya ini akan menjadi contoh bagi warga untuk peduli terhadap kesehatan jantungnya dengan mengikuti gerakan instruktur senam. Artinya YJI merupakan yayasan sosial dibidang kesehatan harus mampu mengajak dan merangkul warga baik itu dewasa dan anak- anak untuk menjaga kesehatan jantung mereka.

" Saya telah berkoordinasi dengan Pemko Medan, bahwasannya dalam memeriahkan Hut Kota Medan pada 1 Juli mendatang, akan digelar perlombaan senam jantung sehat tingkat PAUD, sehingga mulai sejak dini kita harus peduli terhadap kesehatan jantung. Selain itu juga akan ada penggalangan dana dengan melelang hasil binaan Dekranasda Kota Medan yang nantinya dana tersebut akan dipergunakan untuk YJI cabang Sumut", Ungkap Rita.

Wakil Ketua I Prof dr Sutomo Kasiman dan Sekretaris Prof dr Afif Siregar yang telah lama membina YJI Cabang Utama Sumut ini, mengapresiasi semangat Ketua Umum dalam mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk senam Jantung Sehat. Tentunya apa yang telah dilakukan Ketua umum telah dilihat juga oleh Pengurus Pusat.

"Saat ini YJI Sumut sudah dikenal Internasional, dari 3 terbaik di Indonesia YJI Sumut salah satunya. Untuk itu kita harus bekerja lebih guna membesarkan YJI. Salah satunya YJI Sumut akan memerahkan lapangan merdeka Medan di hari jantung internasional pada september mendatang", katanya.

Prof dr Sutomo juga menekankan YJI hanya ada Cabang Utama Sumut, untuk Kota Medan tidak perlu dibentuk cabang, nantinya akan ada dibentuk Badan Pelaksanaan Klub Jantung Kota medan dan untuk Ketua Umum walaupun Cabang Sumatera Utara, diperbolehkan Siapa saja yang memimpinnya. Artinya selain masuk kedalam kepengurusan, Ketua Umum juga harus aktif.

"Ibu Rita selain Aktif mensosialisasikan Senam Jantung Sehat, beliau juga merupakan Wakil Ketua I, untuk itu setelah Meninggal Dunianya Ketua Umum, maka sesuai aturan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ( AD/ ART) YJI, Beliau yang memimpin YJI Cabang Utama Sumut periode 2014 - 2019", ungkapnya.[gbs/mdn]

Post a Comment

Top