RANTAU PRAPAT | GLOBAL SUMUT-Ketua Tim PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj Siti Awal Pangonal hadiri acara Pencanangan Kampung KB di Lingkungan Bulu Cina Kelurahan Sidorejo Kecamatan Rantau Selatan, Kamis (20/4/2017).

Siti Awal mengatakan, pengembangan Kampung KB ini adalah program nasional pemerintah dari masa kemasa. Dalam pengembangan Kampung KB ini, bertujuan untuk mensejahterahkan dan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat pada tingkat perekonomian. Untuk itu, dia menuturkan agar mendukung program KB pemerintah tersebut.

"Program Kampung KB ini telah menjadi rutinitas kegiatan kita dalam membentuk keluarga yang sejahtera. Kesejahteraan tersebut, dimulai dengan peningkatan taraf hidup masyarakat dalam perekonomian. Untuk itu, saya mengajak seluruh masyarakat Labuhanbatu mendukung program pemerintah ini."tutur Siti Awal.

Selain itu, Siti Awal, percaya dan yakin. Program Kampung KB ini akan berhasil terlaksana dengan dukungan dan partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam mengembangkan program Kampung KB tersebut.
“Saya percaya, dengan adanya peran aktif dari berbagai masyarakat, program ini dapat berjalan dengan baik dan berhasil. Terutama pada peran para Ibu PKK, Kader Posyandu, dan Kader PKK."ucapnya.

Kemudian, Siti Awal juga menjelaskan,  Pprogram Kampung KB ini juga salah satu upaya untuk menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir. Karena, dengan berjalannya program Kampung KB ini, banyak manfaat yang bisa dirasakan bagi masyarakat yang ikut program KB.

"Banyak manfaat yang akan masyarakat dapatkan dalam mengikuti program KB ini. Diantaranya, Kesehatan Ibu dan Bayi lebih terjamin. pendidikan dan kesehatan anak-anak lebih baik dan beban keluarga lebih terencana. Hal terpenting, dapat mengatur keuangan untuk kebutuhan keluarga."jelas Siti Awal dalam kata sambutannya.
Selanjutnya, di Kampung KB ini akan dikembangkan Pos Pelayanan terintegrasi dimana pelayanan Posyandu akan terintegrasi dengan pelayanan Bina Keluarga Balita (BKB). "Mari kita manfaatkan fasilitas tersebut untuk membantu tumbuh kembang anak balita kita agar menjadi anak yang sehat, cerdas dan kuat". katanya
Untuk itu, pengembangan program Kampung KB ini, akan membuat akses pelayanan terintegritas Posyandu, PAUD, dan Bina Keluarga Balita akan lebih dekat. terintegritas. "Intervensi pembangunan dilakukan secara bersama-sama dengan lintas sektor yang terkait lainnya untuk memberikan informasi dan pengetahuan secara holistik kepada masyarakat terutama para Calon Ibu dan para Ibu yang memiliki bayi dan balita tentang tumbuh kembang anak."ucap Hj. Lidiyawati Harahap, M.AP.
Lidiyawati, dalam penjelasannya mengenai program Kampung KB menyebutkan, program tersebut adalah program unggulan di era pemerintahan saat ini. Program Kampung KB mendukung cita-cita Ke-3. Program ini pun, disebutkannya sudah dimulai pada Juli 2016 di Kecamatan Rantau utara tepatnya di Kelurahan Kota Rantauprapat Lingkungan Paindoan.

"Kampung KB ini program unggulan pemerintah era ini. yakni mendukung cita ke-3 yakni "Membangun Indonesia Dari Pinggiran Dengan Memperkuat Daerah-Daerah dan Desa Dalam kerangka Negara Kesatuan”. Pelaksanaan Pencanangan Kampung KB yang kedua di Kecamatan Rantau selatan Kelurahan Sidorejo Lingkungan Bulucina ini juga dilaksanakan pelayanan pemasangan KB Implan serentak secara gratis diseluruh fasilitas kesehatan di Kabupaten Labuhanbatu". terang Lidiyawati.(rls/red/gbs)..[rs/red]
Teks Foto : Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Siti Awal Pangonal Harahap terlihat sedang memukul gong pertanda Pencanangan Kampung KB di Kecamatan Rantau Selatan telah dimulai.