MEDAN | GLOBAL SUMUT-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 secara resmi meluncurkan pengaplikasian dan implementasi Sistem Informasi Manajemen Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (SIM PKBL) pada Rabu,(26/04/2017). SIM PKBL ini merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk mengotomatisasi administrasi kegiatan Program KBL.

Peresmian SIM PKBL  ini ditandai dengan penekanan tombol oleh Direktur Keuangan Pelindo 1, Farid Luthfi yang didampingi oleh Senior Manajer PKBL, Syaiful Anwar dan Direktur PT Mitra Tekno Madani, Muhamad Rizal.  “Semua mekanisme dalam Program KBL mulai dari mulai dari pengajuan permohonan program Kemitraan, realisasi dana, administrasi sampai  dengan menjadi Laporan PKBL, tidak lagi dilakukan secara manual, tetapi  keseluruhan kegiatan tersebut sudah ada di dalam aplikasi SIM PKBL,” papar Farid Luthfi dalam sambutannya.

Dengan adanya Aplikasi SIM PKBL ini, administrasi Program KBL akan lebih efektif dan efisien sehingga diharapkan pengelola dapat lebih fokus pada pelaksanaan, pengendalian dan pembinaan program. “Selain itu, SIM PKBL ini juga akan memberikan kemudahan bagi calon mitra dalam mengajukan permohonan, meningkatkan kualitas layanan, mempercepat proses Program KBL, penyajian laporan yang lebih cepat dan akurat, dan mengurangi birokrasi dengan calon mitra binaan,” jelas Farid  lebih lanjut.

ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami menambahkan, pembangunan sistem dan implementasi Teknologi Informasi merupakan wujud keseriusan dan komitmen Pelindo 1 untuk semakin meningkatkan pelayanan perusahaan. “Hal ini sejalan dengan komitmen Pelindo 1 dalam menerapkan IT Based Services Company, sehingga dengan adanya implementasi sistem informasi, proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi dan distribusi akan terintegrasi dan terlaksana secara real time,” jelas Fiona.[abu/man]