MEDAN | GLOBAL SUMUT-Dalam rangka mempercepat tercapainya Visi Polri diwilayah Sumatera Utara serta meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri terlihat dalam bentuk kepuasan masyarakat atas perlindungan, pengayoman dan pelayanan Polri serta dengan ikut berperan sertanya masyarakat di bidang upaya terciptanya Kamtibmas diperlukan peningkatan disiplin seluruh personil, Polda Sumut melaksanakan Gelar Operasional Kepolisian Polda Sumut Triwulan I tahun 2017 di Polda Sumut.

Gelar Operasional tersebut bertempat di Aula Tri Brata Polda Sumut selama 3 hari, dimulai dari hari Kamis s/d Sabtu tanggal 27 s/d 29 April 2017. Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol. Dra Rina Sari Ginting mengatakan Gelar Operasional tersebut memiliki tema “Melalui Gelar Operasional Polda Sumut Kita Tingkatkan Kinerja, Merubah Kultur dan Pengelolaan Media (Commander Wish Kapolda) Guna Mewujudkan Polri yang Promoter”.

“Acara Gelar Operasional (GELAR OPERASIONAL ) dibuka oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan dihadiri Wakapolda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto, Para Pejabat Utama Polda Sumut, Kapolres/tabes sejajaran Polda Sumatera Utara.” ujar Kombes Rina.

Maksud dan tujuan gelar operasional Kepolisian Polda Sumut Triwulan I tahun 2017 sebagai acuan untuk memberikan gambaran dan juga sebagai masukan kepada Pimpinan tentang pelaksanaan GELAR OPERASIONAL  Kepolisian Polda Sumut TW I 2017 guna menentukan petunjuk dan arahan lebih lanjut dari Pimpinan, sebagai pertanggung jawaban tugas operasional Kepolisian Polda Sumut TW I 2017.

“Juga sebagai gambaran situasi Kamtibmas Triwulan I di wilayah hukum Polda Sumut guna terwujudnya program kerja Kapolda Sumut sebagai upaya meningkatkan deteksi melalui pemberdayaan 3 Pilar Plus dengan pola – pola pemolisian dan penerapannya, juga untuk menekan angka kriminalitas dan menanggulangi potensi konflik secara sistematis, berjenjang yang bermanfaat mengeliminir potensi konflik agar tidak menjadi konflik.” jelasnya.

Bentuk kegiatan dan sasaran Gelar Operasional Kepolisian Polda Sumut Triwulan I 2017 dalam bentuk diskusi, paparan, penyusunan rencana Gelar Operasional Kepolisian Polda Sumut, serta arahan – arahan pimpinan.

Kabid Humas juga menjelaskan yang menjadi sasaran pembahasan permasalahan pada kegiatan Gelar Operasional Polda Sumut Triwulan I adalah anev gangguan Kamtibmas Triwulan I tahun 2017, potensi konflik sosial TW I 2017, anev pelaksanaan Operasi Toba 2017, Promoter TW I 2017.

‘Juga dibahas terkait implementasi aplikasi “Polisi Kita”, MoU BPN Polda Sumut, strategi Polda Sumut dalam menghadapi 5 permasalahan menonjol (Narkoba, Lahan, Pedofilia, Intoleransi/Radikalisme dan Sara), pembinaan, kalender Kamtibmas 2017 dan rekomendasi.” tuturnya.

Kegiatan dalam Gelar Operasional  Polda Sumut TW I 2017 pada hari pertama, Kamis tanggal 27 April 2017 pada pukul 07.00 s/d 12.00 WIB dimulai dengan Registrasi peserta Gelar Operasional, pada pukul 13.00 s/d 13.15. Pembukaan dilanjutkan dengan sambutan dan pernyataan oleh Kapolda Sumut. Selanjutnya paparan dari Dir Intelkam, Karo Ops dan Karo Rena.

Pada pukul 15.20 s/d 15.40 WIB Sosialisasi hasil MoU Ombudsman dengan Kapolri. Dilanjutkan dengan paparan dari Kapolres Deli Serdang, Simalungun, Asahan, Madina, Tanjung Balai dan Tapsel. Di hari Kedua, Jumat tanggal 28 April 2017 pada pukul 08.40 s/d 10.50 paparan dari Kapolres Binjai, Batubara, Langkat, Tebing Tinggi, P.Siantar, Nias, Nias Selatan, P.Belawan, Sergai, P.Sidempuan, Samosir, Tapteng dan Dairi.

Setelah istirahat dilanjutkan paparan dari Kapolres Tobasa, Taput, Labuhan Batu, Pakpak Barat, Sibolga, Humbahas dan Tanah Karo. Dan setelah istirahat kedua paparan dari Irwasda, penandatanganan MoU pemberian penghargaan dan sertijab Kapolres Tapsel. Selanjutnya arahan dan penekanan dari Wakapolda Sumut dan dilanjutkan penutupan oleh Kapolda Sumut serta foto bersama Kapolda bersama peserta GELAR OPERASIONAL.

“Esoknya pada hari kedua pelaksanaan Gelar Operasional, Sabtu tanggal 29 April 2017 akan dilaksanakan olahraga bersama di Lapangan apel Mapolda Sumut.” kata Kombes Rina. [rs]