MEDAN | GLOBAL SUMUT-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyambut baik atas pelaksanaan penyerahan zakat harta pejabat Pemprovsu maupun BUMD, BUMN dan perorangan.

“Dengan berzakat diyakini mampu mensejahterakan umat,’’ sebut Tengku Erry Hal itu disampaikannya pada acara penyerahan zakat harta pejabat Pemprovsu di aula Martabe Kantor Gubsu Jalan Dipenegoro Medan, Selasa (13/06/2017).

Hadir Wagubsu Nurhajizah Marpaung, Ketua Baznas Provsu Armansyah Nasution, Ketua PW NU Sumut Afifuddin Lubis, pejabat dan ASN di jajaran Pemprovsu.

Menurut Tengku Erry, penggalangan zakat ini juga merupakan instruksi Presiden RI Jokowi yang dilaksanakan di Istana Kepresidenan dan juga dilaksanakan secara serentak oleh Gubernur seluruh Indonesia.

Serta kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kepedulian terhadap potensi zakat ,infaq dan sadaqah yang bermanfaat untuk menolong kaum dhuafa, fakir miskin maupun umat Islam yang membutuhkannya.

Pada saat ini harapan masyarakat khususnya yang kurang mampu sangat besar terhadap zakat, sebagai akibat himpitan krisis ekonomi yang berkepanjangan oleh karena itu potensi dan manfaat zakat, infaq dan sadaqah dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif solusi pemecahan masalah kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi umat sekaligus untuk mewujudkan rasa keadilan sosial bagi masyarakat.

Tengku Erry juga mengatakan, dengan memperhatikan potensi yang dimiliki oleh umat islam, jika dibandingkan dengan jumlah umat islam yang mengeluarkan masih relatif kecil. “Jika kita mampu menghimpun zakat dari para muzakki khususnya para pejabat pemerintah, saya yakin islam memiliki dana besar untuk membantu masyarakat,’’ sebut Erry.

Sementara Ketua Baznaz Sumut Armansyah Nasution mengatakan selama bulan Ramadhan pihaknya sudah menyalurkan zakat sebesar Rp807 juta lebih untuk kaum dhuafa. ‘’Dan selama penggalangan zakat di Martabe ini jumlah lebih dari Rp373 juta,’’ ucapnya.[Ulfah]