MEDAN | GLOBAL SUMUT-Mulai tanggal 12 Juni 12 Juni 2017, Kapolda Sumut Irjen Pol. Dr H. Rycko Amelza Dahniel mengemban 2 jabatan sekaligus yaitu sebagai Kapolda Sumut dan Gubernur AKPOL.  Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol. Dra Rina Sari Ginting saat mendampingi Irjen Rycko menghadiri pelaksanaan upacara serah terima jabatan Gubernur Akpol dari Irjen Pol. Dr. Anas Yusuf, Dipl.Krim, S.H.M.H, M.M., kepada Irjen Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si. pada Rabu pagi (12/6) pukul 08.30 wib bertempat di lapangan Bhayangkara AKPOL Semarang.

“Mulai hari ini, Irjen Rycko akan mengemban 2 jabatan yaitu sebagai Kapolda Sumut dan Gubernur Akpol. Irjen Rycko akan menyerahkan jabatan Kapolda Sumut kepada Irjen Paulus direncanakan sehabis perayaan Idul Fitri,” ujar Kombes Rina.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kalemdiklat Polri Komjen Pol. Moechgiyarto, S.H., M.Hum.

Dengan peserta upacara dari Personel lemdik AKPOL, Taruna AKPOL, dan Perwira Lulusa SIPSS Tahun 2017.

Turut hadir di Tribun undangan Gubernur Jateng dan Jajaran, Danjen AKABRI TNI, Gubernur AKABRI  Angkatan, Gub AKPOL, Wakil Gubernur AKPOL  dan Satuan Pendidikan di Jajaran Lemdiklat Polri, Wakalemdiklat dan Pejabat utama Lemdiklat Polri, Direktur JCLEC, Kapolda Sulteng, Karo Provoost Polri Brigjen Pol. Drs. Joni Asadoma,  Bhayangkari Cabang Lemdiklat Polri dan Jajaran, seluruh Civitas AKPOL, Perwakilan Pejabat Utama Polda Sumut, Pengurus Bhayangkari Daerah Sumut.

Pejabat Lama Gubernur AKPOL Irjen Pol. Dr. Anas Yusuf, Dipl.Krim, S.H.M.H, M.M selanjutnya dimutasikan ke Mabes Polri.

Sejak serah terima Jabatan Gubernur AKPOL maka Irjen Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si. yang merupakan lulusan terbaik AKPOL alumni 1988/ Adhi Pradana tersebut secara resmi akan melaksanakan tugas sebagai Kapolda Sumatera Utara dan sebagai Gubernur AKPOL. Selesai acara Sertijab dilanjutkan dengan penyerahan stick Drum Korps AKPOL dari Gubernur AKPOL lama kepada Gubernur AKPOL baru.

Gubernur AKPOL Irjen Pol. Dr. Anas Yusuf, Dipl.Krim, S.H.M.H, M.M selanjutnya dimutasikan ke Mabes Polri dan sejak serah terima Jabatan Gubernur AKPOl maka Irjen Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si. lulusan terbaik AKPOL alumni 1988/ Adhi Pradana ini,  merangkap 2 Jabatan yaitu sebagai Kapolda Sumatera Utara dan sebagai Gubernur AKPOL

Sementara itu Kalemdikpol yang menjadi Inspektur Upacara dan memimpin Sertijab Gubernur AKPOL tersebut menyampaikan bahwa tugas dan wewenang polri harus dapat di laksanakan secara profesional,profosional dan objektif sesuai dengan kode etik profesi dan moralitas yang tinggi dan polri harus profesional,modern dan terpercaya agar polri dapat memperoleh  legitimasi dan kepercayaan masyarakat serta dapat memenuhi harapan masyarakat yang mendambakan rasa aman dan nyaman dalam kehidupan.
“Lemdiklat Polri dan jajarannya termasuk akpol mempunyai peran yang strategis, terutama dalm hal membentuk dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia polri seiring dengan perubahan dinamika masyarakat di era globalisasi saat ini. Oleh sebab itu AKPOL merupakan pencetak calon calon pemimpin polri masa depan yang memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan. Karena itu lemdik AKPOL ini dituntut melakukan berbagai upaya menghasilkan para perwira polisi yang memiliki pengetahuan,keterampilan ,kemampuan,ketangguhan ,sikap dan prilaku terpuji dalam melaksanakan tugas kepolisian sesuai dgn peranannya,” kata Komjen Moechgiyarto dihadapan peserta Upacara dan Undangan yang hadir.

Kalemdiklat Polri selanjutnya mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada gubernur lama beserta istri atas kerja keras,dedikasi,loyalitas dan pengabdian yg di berikan kepada lembaga akademi kepolisian kurang lebih 1 tahun 9 bulan.  Kepada Gubernur baru beserta Istri, Kalemdiklat mengucapkan selamat atas kepercayaan pimpinan polri untuk jabatan baru dan semoga dapat menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab dengan penuh keiklasan dan kejujuran.[rs]