MEDAN | GLOBAL SUMUT-Sekretaris Daerah Kota Medan Ir. Syaiful Bahri menyalurkan zakat Pemerintah Kota Medan kepada masyarakat prasejahtera di Kecamatan Medan Helvetia, Minggu (18/6/2017) pagi. Berlokasi di aula Kantor Camat Medan Helvetia. Syaiful Bahri yang mengenakan baju berwarna putih menyalurkan zakat kepada masyarakat yang sudah menunggu sejak Subuh. Didampingi oleh Kepala Dinas BPPPAPM, H. Damikrot S.Sos, Kabag Sosial Pendidikan Ahmad Raja Nasution dan Plt. Camat Medan Helvetia HT Chairuniza, S.Sos.

Sekda membagikan paket masing-masing berisikan 5 kg beras, 2 kg gula pasir dan 2 kg minyak goreng serta ditambah dengan uang tunai sebesar Rp.100.000 per orang. Syaiful menjelaskan bahwa program penyaluran zakat Pemerintah Kota Medan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemko Medan setiap tahunnya melalui hasil zakat, infak, sedekah dirinya, keluarga dan juga seluruh jajaran pejabat yang ada di lingkungan Pemko Medan. “Penyaluran zakat Pemko Medan ini merupakan penyempurna dari rangkaian ibadah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Medan selama bulan suci Ramadhan tahun ini terutama dalam menyambut gelaran Hari Raya Idul Fitri 1438 H yang hanya tinggal beberapa hari lagi,” ucap Sekda.

Dirinya menambahkan bahwa pemberian zakat Pemko Medan ini selain di Kecamatan Medan Helvetia juga dilaksanakan di 20 Kecamatan lainnya yang ada di Kota Medan. Hal ini adalah upaya Pemerintah Kota Medan untuk berbagi dengan masyarakat, khususnya bagi masyarakat prasejahtera. “Saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan zakat ini untuk kehidupan sehari-harinya, semoga zakat yang diterima dari Pemko Medan ini dapat mengurangi beban hidup yang ada pada masyarakat Kota Medan,” tutupnya.

Sementara itu Plt. Camat Medan Helvetia, H. T. Chairuniza menuturkan paket zakat Pemko Medan yang diterima masyarakat diwilayahnya berjumlah 400 orang dengan teknis penerimaan yaitu dengan menukarkan kupon yang telah dibagikan sebelumnya sesuai data masyarakat prasejahtera untuk mendapatkan paket zakat tersebut.[rs]