MEDAN | GLOBAL SUMUT-Bersejarah di Mamuju. Kegiatan ini difasilitasi oleh 4 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia, yaitu PT Pelabuhan Indonesia I ( Persero ) atau Pelindo 1 bersama PTPN IV, PT Kawasan Industri Medan (KIM) dan PT Hotel Indonesia Natour (HIN).

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang diikuti 32 siswa asal Sumatera Utara ke Sulawesi Barat (Mamuju) telah berakhir. Selama 9 hari mereka diperkenalkan budaya Mamuju serta mengunjungi sejumlah objek wisata dan tempat merupakan bagian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri yang telah dilaksanakan secara konsisten setiap tahunnya, dan BUMN akan terus memberikan kontribusinya  untuk lingkungan baik regional maupun nasional, khususnya untuk pengembangan wawasan anak-anak Indonesia”, ujar Iman Ahmad Sulaiman,  Direktur Perencanaan dan Pengembangan Pelindo 1, selaku BUMN Koordinator Program BUMN Hadir Untuk Negeri Provinsi Sumatera Utara, dihadapan para siswa/I dari Sumatera Utara dan Sulawesi Barat dalam acara Ramah Tamah dan Perpisahan SMN Provinsi Sumatera Utara & SMN Provinsi Sulawesi Barat ( Mamuju ) di Inna Dharma Deli, Kamis, 27 Juli 2017.

Asisten Deputi Usaha Energi Logistik Kawasan & Pariwisata 1 Kementerian BUMN, Hendrita Nora O. Sinaga mengatakan tujuan utama Program Siswa Mengenal Nusantara ini adalah untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan nusantara. “Melalui pertukaran informasi dan budaya ini, para generasi penerus bangsa bisa saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam provinsi lain, sehingga semakin mencintai Indonesia,” ujar Hendrita.

Corporate Secretary Pelindo 1, M. Eriansyah dalam laporannya selaku Ketua Program SMN Provinsi Sumatera Utara menyampaikan bahwa Pelindo 1 bersama PTPN IV, PT KIM dan PT HIN mengirimkan 32 siswa SMU/SMK/SLB ke Sulawesi Barat, dimana para siswa/i ini merupakan perwakilan dari 32 kabupaten di Sumatera Utara. Sebaliknya, Provinsi Sumatera Utara menerima 20 siswa/i dari Sulawesi Barat.

Dalam acara Ramah Tamah dan Perpisahan ini, para peserta SMN asal Sulawesi Barat mempersembahklan tarian khas daerah Sumatera Utara. Kendati mereka hanya berlatih singkat dengan latar budaya yang jauh berbeda, namun mereka mampu menarikan tarian dengan baik. Sementara itu para peserta SMN asal Sumatera Utara mempersembahkan sebuah karya berupa video pendek dengan judul Cinta dan Prestasi.  Di akhir acara, para siswa/I ini menyampaikan kesan pesan dan ucapan terimakasih kepada BUMN yang telah memberi kesempatan kepada generasi muda untuk mengenal keanekaragaman Indonesia.[abu]