MARELAN | GLOBAL SUMUT-Buruknya drainase di sejumlah titik dikawasan medan utara membuat kawasan tersebut menjadi langganan banjir. 

Kondisi ini berbanding terbalik dengan program Pemerintah Kota (Pemko) Medan yang menggiatkan program Medan Berhias (bersih, hijau, asri dan sehat). Selain drainase dipenuhi sampah dan pendangkalan, dipinggir jalan juga tampak dihiasi tumpukan sampah.

Keluhan masyarakat terhadap masalah ini tak kunjung mendapat tanggapan dari pemerintah termasuk pihak kecamatan.
Pemko ataupun pihak kecamatan terkesan tutup mata padahal warga bisa diberdayakan untuk melakukan gotong royong.

Pantauan media ini di sejumlah titik di medan bagian utara, hampir secara keseluruhan drainase dipenuhi sampah dan mengalami pendangkalan. Selanjutnya, air drainase tersebut tumpat dan menjadi sarang jentik nyamuk.

Untuk mengantisipasi terjadinya genangan air dan banjir, serta bersarangnya jentik nyamuk, Ketua PAC Gerindra Marelan Haris Kelana Damanik, ST tak henti-hentinya lakukan gotong royong, seperti terpantau di jalan Abdul Sani Mutalib Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan dan di Komplek Tutwuri Handayani, tampak  Ketua PAC Gerindra Marelan ini melakukan pembersihan sampah dan pengerukan lumpur dalam drainase yang tersumbat, selasa (4/7) sore.

Salah seorang warga Komplek Zulfan (31) mengatakan, sangat mengapresiasi tindakan Ketua Gerindra Marelan dalam mengantisipasi banjir dengan membersihkan drainase yang ada disejumlah jalan protokol.

"Ini sebagai contoh kepada pemko  medan /pemerintah, Pak Haris saja peduli dengan lingkungannya dan sudah seharusnya pemerintah dalam hal ini instansi yang terkait secara continiu terus melakukan pembersihan selokan drainase dan saluran air di sepanjang jalan protokol,"sebutnya.

Warga yakin, apabila kegiatan antisipasi banjir dengan membersihkan selokan drainase dan saluran air sepanjang jalan protokol terus dilakukan, permasalahan banjir selama ini apabila ada hujan akan dapat teratasi.

Ketua PAC Gerindra Medan Marelan Haris Kelana Damanik ST, yang ditemui wartawan saat pengorek parit menjelaskan, kegiatan pembersihan selokan di jalan merupakan salah satu program Gerindra untuk memberikan kenyamanan dan kebersihan buat masyarakat.

Kemudian lanjutnya, antisipasi banjir dengan membersihkan selokan ini juga sudah sering diminta masyarakat. 

Maka dari itu, dengan pembersihan selokan ini saya juga mengimbau kepada masyarakat agar sama-sama menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

“Kebersihan adalah sebagian dari iman. Untuk itu saya meminta agar masyarakat juga dapat menjaga lingkungannya masing-masing, dengan membuang sampah pada tempatnya,”pungkasnya.[abu]

Teks Foto : Ketua Gerindra PAC Marelan Haris Kelana Damanik ST Saat Membersikan Selokan drainase dan saluran air di jalan Abdul Sani Mutalib Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan