0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Walikota Medan Drs. H T Dzulmi Eldin S, M.Si melepas ratusan personil TNI untuk turun ke masyarakat membantu mendorong pembangunan daerah di wilayah Kota Medan, khususnya Kecamatan Medan Belawan yang menjadi bagian dari wilayah kerja Kodim 0201/BS. Pelepasan ini dilakukannya saat menjadi Inspektur Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 Tahun 2017, Selasa (4/7) di Lapangan Benteng Medan.

Turut hadir dalam pembukaan TMMD 2017 ini Kasdam I/BB Brigjen TNI Tiopan Aritonang, Pangkoseshanudnas III Marsma TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, Danlantamal Laksma TNI Roberth Walter Tappangan, Ketua DPRD Sumut, Wagirin Arman, S.Sos, Unsur Forkopimda Kota Medan, serta Pimpinan SKPD Pemko Medan.

Walikota menyebutkan kegiatan TMMD ini merupakan program rutin tahunan yang dilakukan atas kerjasama TNI, Pemerintah Kota Medan dan masyarakat dalam rangka bakti TNI kepada masayrakat di daerah tertinggal.

“Apa yang dilakukan TNI selama ini adalah dalam rangka membantu pemerintah daerah mendukung pembangunan Kota di daerah yang masih sulit dijangkau oleh kapasitas pemerintah,” ujar Dzulmi Eldin. Dirinya berharap bakti karya ini menjadi momentum kebersamaan antara Pemko Medan bersama TNI Polri dan masyarakat sama-sama bahu membahu membangun daerah.

“Kita perlihatkan bahwa kebersamaan itu adalah lebih baik daripada terpecah belah. Biarlah ini menjadi pelajaran bersama kepada masyarakat Kota Medan agar tidak mudah terpecah belah dengan isu-isu negatif oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” imbuhnya.

Kegiatan yang digagas oleh TNI ini menunjukkan bahwa apa yang yang dilakukan TNI ini lebih efisien karena menghemat biaya upah pengerjaan dan peralatan yang digunakan, terlebih yang sangat positifnya adalah TNI membantu pemerintah untuk membangun karakter, mental spiritual masyarakat melalui penanaman nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air kepada masyarakat sekitar.

Sementara itu Dandim 0201/BS Bambang Herqutanto mengucapkan terima kasih kepada Walikota Medan karena pelaksanaan TMMD ini bisa berjalan atas dukungan dan kerjasama dengan Pemko Medan. Dijelaskan Dandim, kegiatan TMMD ini akan berlangsung selama 1 bulan penuh dengan lingkup 2 sasaran pokok kerja, yakni sasaran fisik dan nonfisik.

Untuk sasaran fisik, ada pembangunan jembatan, perbaikan mesjid, sekolah serta pembukaan jalan. Kemudian untuk sasaran nonfisiknya ada pembinaan wawasan kebangsaan terhadap pemuda, masyarakat termasuk anak sekolah di Belawan.

“Kita harapkan dengan adanya ini, program percepatan pembangunan di daerah Belawan bisa kita dorong. Kita tahu untuk Kota Medan pembangunan di Kecamatan Medan Belawan masih perlu dibenahi infrastruktur termasuk pembinaan karakter masyarakat. Untuk itu kita hadir,” ujar Dandim.

Pelaksanakan program TMMD ke-99 ini sendiri, akan menerapkan prinsip gotong royong antara aparat gabungan dan juga masyarakat, dimana akan didukung personil TNI sebanyak 3 SSK yang terdiri dari 1 SSK TNI AD, ada SSK Gabungan dan pelibatan masyarakat Belawan.

“Nantinya personil ini akan diinapkan di rumah penduduk, berbaur bersama masyarakat, mereka dibekali uang makan yang akan diberikan kepada rumah penduduk tempat mereka menginap, sehingga akan ada perputaran uang untuk mendukung perekonomian di lingkungan penduduk setempat,” tutup Bambang.
[Ulfah]

Posting Komentar

Top