0
JAKARTA | GLOBAL SUMUT-Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka akan mengadakan Pelatihan Membuat Video Menggunakan Handphone Jilid II pada Sabtu (5/8) pagi di Kompleks Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur. Kegiatan ini diikuti 200 peserta.
Andalan Nasional Kwarnas Bidang Kominfo, Hariqo Wibawa Satria mengatakan, pelatihan ini untuk kedua kalinya diadakan Kwarnas. Tujuannya, melatih kemampuan Pramuka dalam membuat berbagai konten positif.
"Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan non-formal memiliki jaringan struktur yang lengkap, harus ditopang dengan kemampuan individunya dalam memanfaatkan HP dan internet," ujar Hariqo di Jakarta, Jumat (4/8).
Mengapa pelatihan membuat videonya dengan handpone?. Hariqo menuturkan, alat komunikasi ini (HP) dianggap praktis dan efisien untuk membuat konten-konten ringan karena bisa memuat berbagai aplikasi. Selain itu, di era sekarang hampir semua Pramuka memiliki handphone sebagai alat komunikasi.
"Kita ingin agar Pramuka jadi kreator konten, bukan sekedar penyebar konten. Tapi lebih dari itu, mereka bisa membuat konten yang memiliki nilai berita unik, menarik, dan inspiratif," tuturnya.
Lebih lanjut Hariqo mengungkapkan, dalam pelatihan ini nantinya peserta akan diajarkan banyak hal. Selain membuat konten video, mereka juga akan diajari teknik fotografi, pembuatan berita, dan cara mengelola media sosial untuk penguatan organisasi. "Setelah kita bisa memproduksi konten, maka selanjutnya kita sebarkan di medsos. Bagaimana caranya konten kita bisa viral besok akan kita kasih tahu," jelasnya.
Sementara itu, Andalan Nasional Kwarnas Bidang Kominfo Luqman Hakim Arifin menambahkan, pelatihan ini dalam rangka membumikan semboyan Kwarnas yakni Setiap Pramuka adalah Kantor Berita, sekaligus menyambut Kegiatan Raimuna Nasional XI pada 13-21 Agustus 2017 di Cibubur, Jakarta Timur.
"Rainas adalah acara nasional, diikuti 15.000 peserta. Maka, sebelum itu kita perlu melakukan persiapan untuk mensukseskan acara ini. Salah satunya dengan pelatihan pembuatan video, karena di Rainas ini nantinya banyak objek yang bagus untuk dibuatkan konten, baik video, foto maupun rilis atau berita," katanya.[rs]

Post a Comment

Top