0
KUPANG | GLOBAL SUMUT-Dua minggu jelang Raimuna Nasional XI 2017 Gerakan Pramuka, sejumlah daerah mulai memberangkatkan kontingennya. Salah satunya kontingen daerah Nusa Tenggara Timur (NTT).
Sebanyak 276 peserta Rainas se-Provinsi NTT diberangkatkan menuju Jakarta menggunakan kapal laut KM UMSINI dari Pelabuhan Lewoleba, Kabupaten Lembata, hari ini (1/8). Mereka dilepas oleh Bupati Lembata, Yance Sunur.
Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka NTT, Lusia Adinda Lebu Raya mengatakan, 276 peserta yang diberangkatkan merupakan Pramuka pilihan yang sudah melalui tahapan seleksi ketat di masing-masing Kwarcab. Bukan hanya fisik, mereka siap mengikuti Rainas secara mental dan keilmuan.
"Mereka adalah Pramuka yang siap memberikan yang terbaik untuk NTT. Mereka akan menjadi duta bagi seluruh masyarakat NTT," ujar Lusia saat dihubungi, Selasa (1/8).
Disebut duta, lanjut dia, karena mereka mewakili segenap masyarakat NTT. Di tangan merekalah nantinya seni, kebudayaan dan karakter masyarakat NTT akan dipromosikan kepada ribuan peserta Rainas dari seluruh Indonesia. Untuk itu, Kak Lusia berharap peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan maksimal.
"Pesannya, kalian harus tetap semangat menjaga solidaritas dan kekompakan, tidak boleh mengeluh dalam menaati aturan. Senantiasa selalu berdoa meminta perlindungan Tuhan agar semua  berjalan lancar, selamat sampai tujuan," pintanya.
Sementara itu, Yance yang juga Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kwarcab Lembata mengatakan, seluruh peserta sangat antusias mengikuti event lima tahunan ini. Menurutnya, semangat dan kekompakan mereka tetap terjaga dengan baik.
Hal ini ditandai dengan keiikutsertaan mereka dalam Raimuna Daerah (Raida) NTT VI yang diadakan di Lembata pada 27 Juli hingga 1 Agustus 2017. Dia menambahkan, kegiatan ini  bagian dari latihan peserta sebelum mengikuti Rainas. "Banyak manfaat dan sesuatu yang bisa diambil dari Raida ini untuk bekal mereka mengikuti Rainas di Jakarta," katanya.
Dalam Raida, mereka dibekali berbagai hal-hal baru memperkuat wawasan. Misalnya, peserta diajarkan untuk mempromosikan wisata daerah masing-masing menggunakan media sosial.
"Mereka juga diajarkan bagaimana cara membuat konten yang baik untuk pembangunan pariwisata di NTT. Jadi, bukan hanya materi kepramukaan, tapi juga wawasan lebih luas dari itu," jelasnya.
Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault mengatakan, Raimuna Nasional dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta, pada 13-21 Agustus 2017. Diikuti 15.000 peserta dari 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota. Presiden Joko Widodo membuka kegiatan ini.[rs]

Post a Comment

Top