0

JAMBI | GLOBAL SUMUT-Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault melantik Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Ka Mabida) Gerakan Pramuka Jambi masa bakti 2017-2022. Acara yang digelar di Rumah Dinas Gubernur pada Kamis (28/9) malam itu berlangsung penuh hikmat.
 
Dalam sambutannya, Adhyaksa sempat membacakan pantun untuk Zumi Zola. Ia menyebut Gubernur Jambi ini adalah gubernur muda, punya banyak penggemar dan memiliki wajah tampan. Sontak, semua hadirin di ruangan itu tertawa.
 
"Bukan bubur sembarang bubur
Makan bubur di tepi kali
Bukan gubernur sembarang gubernur
Gubernur Jambi gagah sekali," begitu bunyi pantun Adhyaksa untuk Zumi Zola.
 
Adhyaksa memang dikenal memiliki jiwa seni dan kreatif. Ia kerap menyampaikan pantun pada saat pelantikan Ka Mabida di hampir semua daerah. Dalam menyampaikan sambutan, mantan Menpora 2004-2009 ini juga jarang menggunakan teks, meski protokol sudah menyiapkan.
 
Kepada pengurus yang baru, Adhyaksa mengajak untuk terus membangun Gerakan Pramuka sehingga mampu menjawab berbagai persoalan yang dihadapi bangsa ini. Ia yakin hal itu bisa dilakukan, karena Gerakan Pramuka diterima dengan baik oleh masyarakat.
 
Menurut Adhyaksa, anggota Gerakan Pramuka adalah calon-calon pemimpin masa depan. Karena itu, ia mengajak para pengurus untuk memberikan komitmen dan dukungan dalam upaya mendidik kaum muda menjadi lebih baik. Sebab, merekalah yang kelak menjadi pemimpin negeri ini.
 
“Ketika bangsa Indonesia memperingati 100 tahun kemerdekaan pada tahun 2045, (kita) membanggakan yang menjadi pemimpin saat itu adalah yang sekarang ini sedang aktif mengikuti dan menekuni kegiatan kepramukaan,” ungkap pria yang hobi mendaki gunung ini.
 
Bangsa Indonesia saat ini sedang menikmati bonus demografi. Karenanya, bonus demografi itu akan sia-sia jika kaum muda saat ini terlibat narkoba, konsumsi minuman keras (miras), tawuran, terorisme dan sebagainya.
 
“Gerakan Pramuka harus dapat berperan dan menjadi solusi bagi kaum muda serta ikut menyelesaikan masalah-masalah kemasyarakatan,” terangnya. [rs/red]

Post a Comment

Top