RANTAUPRAPAT | GLOBAL SUMUT-Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si, Kamis (7/9) pagi buka acara Seminar Sehari PWI Labuhanbatu yang berthemakan “Tugas dan Fungsi Wartawan” yang berlangsung di Aula Wisma Putri Deli Rantauprapat.

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu memberikan apresiasi kepada Ketua PWI Labuhanbatu yang telah melaksanakan kegiatan seminar sehari ini tentang Tugas dan Fungsi Wartawan Dalam Menyebarluaskan Informasi Tentang Kebijakan Bupati Dalam Membangun Kabupaten Labuhanbatu."ucap Bupati.

Menurut Bupati, seminar sehari ini banyak sekali manfaatnya kepada seluruh rekan-rekan media dan seluruh jajaran pemkab Labuhanbatu.

"Khususnya bagi peserta, sebagaimana kita ketahui bersama, Pers merupakan barisan terdepan dalam memberikan informasi kepada masyarakat dan Pers merupakan mata, telinga dan mulut bangsa sehingga diharapkan agar Pers mampu dalam memberikan informasi dan pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat"ucap Bupati
Selain itu, Pangonal Harahap menjelaskan, Seminar ini bertujuan untuk menyampaikan tugas dan fungsi wartawan dalam menyebarkan informasi tentang kebijakan Bupati Labuhanbatu khususnya di sektor pendidikan agar terjalin komunikasi yang baik antara Kepala Sekolah/Guru dengan Wartawan.
“Wartawan itu adalah sahabat, teman dan saudara saya untuk bersama-sama membangun Kabupaten Labuhanbatu, karena informasi itu sangat perlu bagi seorang Kepala Daerah dan perlu saya sampaikan kepada bapak/ibu guru atau Kepala Sekolah untuk langsung menyerap berita-berita yang saya dapatkan dan saya selalu melakukan cek and ricek tentang berita yang di terbitkan oleh media dan saya tidak mau dikatakan orang ‘tipis kuping’ untuk mengambil suatu keputusan”, terangnya.

Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Provinsi Sumatera Utara H Hermansyah, SE mengatakan, Informasi dan kegiatan pak Bupati ini kan perlu disebarluaskan, kalau hanya bicara paling beberap orang yang mendengar, tapi kalau melalui media tentu yang mengetahui itu sampai kepelosok-pelosok desa, itulah tugas wartawan, tapi hal itu sering dicemari oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Akibat kebebasan Pers, kebanyakan pejabat maupun staff instansi pernah merasa terganggu. Pada hal, tugas-tugas jurnalis dalam melaksanakan peliputan, murni untuk melakukan peliputan dan menyebarluaskan informasi.
“Saya sangat berterima kasih kepada Bupati Labuhanbatu yang telah bermitra dengan PWI Labuhanbatu yang telah bisa menyelenggarakan berbagai kegiatan dan ini juga merupakan suatu terobosan untuk kemajuan Pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu. Dengan adanya kegiatan ini, kita bisa menjelaskan fungsi Pers di masyarakat luas, khususnya di Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu. "kata Hermansyah.
Ketua PWI Labuhanbatu Nairul Nizam Aru, S.Sos dalam kesempatan itu mengemukakan, Seminar Sehari ini sengaja kami mengambil tema “Tugas dan Fungsi Wartawan”merupakan kerjasama antara PWI dengan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam hal ini Dinas Pendidikan Labuhanbatu.

"Tema ini sengaja kami angkat dengan tujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan Kepala Sekolah tentang tugas dan fungsi wartawan, kami menilai baik pejabat dan Kepala Sekolah banyak yang alergi dan enggan bertemu dengan wartawan, sebenarnya wartawan tidak perlu ditakuti, wartawan tak perlu dihindari karena wartawan merupakan mitra Kepala Sekolah untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang pendidikan di sekolah."terang Nizam.

Jika Kepala Sekolah atau Guru mampu meningkatkan mutu pendidikan, sambung Nizam, tentunya di masyarakat akan lebih dipercaya nilai kualitas sekolah. " persoalannya adalah wartawan yang bagaimana yang bisa dianggap sebagai mitra, sebab sekarang wartawan di Labuhanbatu sungguh luar biasa banyaknya, seolah-olah profesi wartawan ini adalah ladang mencari makan, sehingga banyak orang terobsesi dan mengalihkan pekerjaannya menjadi wartawan”, sebut Nizam.
Dalam kesempatan itu Ketua PWI Labuhanbatu ini menjelaskan, bahwa kegiatan seminar sehari ini diikuti sebanyak 50 orang peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah SD dan SMP yang berasal dari 9 kecamatan, 50 orang itu terdiri dari Kepala Sekolah SD sebanyak 19 orang dan Kepala Sekolah SMP Negeri sebanyak 31 orang, seminar sehari ini nanti akan menghadirkan nara sumber dari PWI Provinsi Sumatera Utara, yakni Ketua PWI Provinsi Sumatera Utara H Hermansyah, SE dan Drs. Khairul Muslim Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Sumut.[rs]

Teks Foto : Bupati Labuhanbatu saat menyematkan tanda peserta kepada salah seorang Kepala Sekolah dalam acara Seminar Sehari PWI Labuhanbatu di Wisma Putri deli Rantauprapat.