0
RANTAUPRAPAT | GLOBAL SUMUT-Sejak tahun 2016 Tanoto Foundation Regional Sumatera Utara telah melakukan Training Of Trainer Faslok Pelita Guru Mandiri. Dalam Training Of Trainer tersebut, berkaitan dengan materi Perencanaan dan Penilaian Pembelajaran.

Setelah sukses ToT Training Fasilitator Pelita Guru Mandiri I ditahun 2016 , Tanoto Foundation kembali melakukan Pelatihan terhadap Guru-Guru Sekolah Dasar (SD) Negeri yang telah mengikuti pelatihan Training Fasilitator.

Pelatihan tersebut bertemakan "Refresher Fasilitator Lokal PGM2" yang telah diadakan 2 hari yakni sejak 13 s/d 14 Oktober di Platinum Hotel, Rantauprapat.

Hadir dalam acara tersebut, Perwakilan dari Dinas Pendidikan Labuhanbatu Fasilitator (Peserta) sebanyak 26 orang) dari 34 Sekolah dan Team Tanoto Foundation Sumatera Utara.

Saat ditemui diruangannya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu H Sarimpunan Ritonga MPd mengatakan, kegiatan pelatihan Refresher Training Fasilitator Lokal Pelita Mandiri tersebut sangat memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi guru-guru yang mengikuti. Disamping itu, dari hasil pelatihan tersebut, guru-guru dapat lebih aktif dalam kegiatan belajar dan mengajar di sekolah.

"Saya sangat apresiasikan kegiatan ini. Karena, dalam pelatihan yang diberikan oleh pihak Yayasan Tanoto Bhakti, sangat memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi guru-guru. Jadi, saya harap kepada guru-guru yang mengikuti pelatihan ini, manfaatkan sebaik mungkin menggali ilmu dan pengalaman dalam pelatihan tersebut."ucap Sarimpunan Ritonga saat ditemui diruang kerjanya, Senin (16/10/2017).

Kegiatan Refresher Training Fasilitator Lokal Pelita Mandiri tersebut, Sarimpunan Ritonga juga berharap kepada guru-guru yang telah mengikuti pelatihan tersebut dapat berbagi pengalaman disekolah masing-masing. "Saya harap, kepada guru-guru yang mengikuti kegiatan ini agar dapat menjadi contoh di sekolah masing-masing. Berbagi pengalaman dengan guru-guru yang belum dapat kesempatan emas ini. Kepada pihak Yayasan Tanoto Bhakti saya ucapkan terima kasih atas kepeduliannya. Kami pun berharap kegiatan pelatihan tersebut harus lebih di tingkatkan kembali."harap Sarimpunan Ritonga.

Koordinator kegiatan Refresher Training Fasilitator Lokal Pelita Guru Mandiri 2 Tanoto Foundation Abdy Sinulingga, di sela-sela kegiatan tersebut mengatakan, pada kegiatan ToT ini, peserta dilatihkan mengenai konsep perencanaan dan penilaian pembelajaran yang efektif.

"Melalui kegiatan ini, ada 2 hal yang diharapkan. Pertama peserta mampu mengembangkan perencanaan pebelajaran PAIKEM. Kedua, Peserta mampu mengembangkan penilaian autentik." ucap Abdy.

Pada pelatihan ToT tersebut, Jepri Sipayung Training Spesialist Tanoto Foundation mengungkapkan, manfaat dan kegunaan kegiatan Refresher Training Fasilitator Lokal Pelita Guru Mandiri 2. 

Dia mengatakan, pada kegiatan ini dilakukan pengkajian ulang terhadap materi-materi yang ada pada ToT dengan penekanan pada penilaian pembelajaran, meningkatkan kemampuan refeksi pelaksanaan materi pelatihan di sekolah masing-masing.

"Meningkatkan kemampuan dalam hal perencanaan dan penilaian pembelajaran serta mendorong para peserta melaksanakan perencanaan dan pelatihan pembelajaran yang lebih baik di sekolah," jelasnya. (Ricky)

Post a Comment

Top