0
KAGAMA Sumut berkolaborasi dengan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar English Debate Competition pada 31 Maret – 1 April 2018 di STIPAP - LPP Kampus Medan/foto istimewa
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Kagama (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada) Sumatera Utara berkolaborasi dengan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar English Debate Competition pada 31 Maret – 1 April 2018 di STIPAP - LPP Kampus Medan. Kompetisi debat Bahasa Inggris yang mengusung tema “Nationality in Diversity” ini dilaksanakan untuk dua kategori, yakni tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA/sederajat) dan tingkat Perguruan Tinggi.

English Debate Competition ini digelar dengan tujuan untuk mengasah kemampuan generasi muda dalam berdebat atau beradu argumen terutama dengan menggunakan Bahasa Inggris; memberikan pemahaman dan kesadaran tentang nasionalisme, budaya, dan multikulturalisme di kalangan generasi muda; membina kepribadian generasi muda menjadi generasi yang memiliki akhlak mulia dan amanah dalam menjalankan tugasnya; serta sebagai kontribusi Kagama dalam meningkatkan kualitas generasi muda di Sumatera Utara.

“Dengan diselenggarakannya kompetisi debat Bahasa Inggris dengan tema Nationality in Diversity ini diharapkan akan tumbuh generasi muda yang dapat mempersatukan bangsa kita dalam bingkai persatuan. Sehingga akan tumbuh rasa persatuan, saling menghormati, serta tentunya menumbuhkan sikap dan rasa nasionalisme,” terang Hamied Wijaya, Ketua Kagama Sumut.

Pemenang Kompetisi Debat Bahasa Inggris yang digelar oleh Kagama Sumut dan FIB USU/foto istimewa
Kompetisi ini diikuti oleh 44 tim debat yang terdiri dari 16 tim tingkat pelajar SMA dan 28 tim tingkat mahasiswa. Sistem yang digunakan dalam kompetisi debat ini adalah British Parlamentary Debating, yang terdiri dari empat tim, dengan setiap tim terdiri dari dua orang dengan durasi setiap pembicara 7 menit 20 detik. Penjurian dalam kompetisi ini diberlakukan sistem gugur atau eliminasi untuk tim dengan perolehan skor tertinggi yang masuk ke babak selanjutnya.

Keluar sebagai pemenang dalam kompetisi debat ini untuk kategori SMA/sederajat yaitu: SMA Sutomo 1 Medan (Tim A), SMAN 3 Medan, SMA Newton (Tim A), dan SMA Harapan 1 Medan. Sedangkan pemenang untuk kategori Perguruan Tinggi, yakni: Universitas Sumatera Utara (Tim A), Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia (STIB-PIA) Medan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), dan UNSYIAH.[abu/man]

Posting Komentar

Top