0

PERANCIS | GLOBAL SUMUT-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi dan Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo berkunjung ke Kota Paris, Perancis dalam rangka memenuhi undangan perusahaan air minum terkemuka di dunia, Suez, Rabu (2/5/2018).

Turut serta dalam rombongan itu, Bupati Serdang Bedagai Soekirman, Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M Pasaribu, Plt Sekdaprovsu Ibnu S Hutomo dan Direktur PDAM Tirtanadi Sumut Sutedi Raharjo.

Di Paris, Gubsu dan rombongan diterima Directeur General Adjoint Solutions Avancees et Innovation Suez Pierre Andrade, President Manager Suez ASEAN Mr Mustafa Turn Eig, Directur Technical Performance Suez Mr Luc Martin dan BOT Project Manager Mr Thomas.

Pertemuan dengan Suez tersebut untuk membahas peningkatan kerja sama bidang air minum yang sudah terjalin sejak tahun 2002 dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara (Provsu).

Diantaranya tentang pembangunan instalasi pengolahan air minum di Sungai Belumai. Instalasi pengolahan air minum dengan kapasitas 400 liter/detik itu akan ditingkatkan menjadi 900 liter/detik.

Dalam kesempatan itu, Gubsu dan rombongan diajak meninjau show room teknologi Suez, yang menyajikan perkembangan teknologi terbaru dan terkini dalam pengelolahan air minum dan air limbah, serta energi yang berwawasan recycling lingkungan yang sudah diterapkan hampir seluruh proyek Suez di dunia.

Gubsu Erry dan rombongan juga meninjau Research Centre Suez dalam memanajemen dan mengontrol suplai air untuk pelayanan air minum masyarakat di wilayah bagian Barat Paris, yang berpenduduk sekitar 2 juta jiwa, dengan kapasitas produksi berkisar 300.000 m3/hari. Fasilitas ini dikontrol secara real time dan automatic dari sumber air, pengolahan air, distribusi pelanggan sampai meter pelanggan.

Dalam kesempatan itu, Gubsu Erry berharap, teknologi yang ada di Suez dapat secara bertahap diaplikasikan di PDAM Tirtanadi Provsu. “Diharapkan teknologi yang ada di Suez dapat diterapkan di PDAM Tirtanadi. Tentunya disesuaikan dengan kondisi masyarakat dan kemampuan PDAM Tirtanadi,” katanya.

Gubsu juga berkesempatan melihat teknologi mobil elektric yang dikembangkan Suez, yang digunakan untuk mobil operasional di research center.[rs/red]

Post a Comment

Top