0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Wakapolri, Komjen Pol Drs. Syafruddin, M.Si, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Mesjid Indonesia meresmikan Masjid Al-Muslimin, Jl. Bunga Raya Simp. Gg. Rodi Kel. Asam Kumbang Kec. Medan Selayang, Minggu (3/6/2018).

Polda Sumut juga menyiapkan pengamanan kunjungan Wakapolri ke Sumatera Utara dalam rangka Peresmian Mesjid Al-Muslimin oleh Wakapolri tersebut.

Dalam peresmian tersebut, dihadiri Walikota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, Pengurus Masjid Al-Muslimin Medan, Kepling Kec. Medan Selayang, Bp. Zulkifli, Para Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Para Tamu undangan dan para anak yatim piatu 300 orang.
Wakapolri juga didampingi Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, bersama Wakapolda Sumut, pejabat utama Polda Sumut, Kapolrestabes Medan serta Koorspripim Polda Sumut.

Kegiatan juga diisi prosesi pelantikan perhimpunan Remaja Masjid Dewan Mesjid. Dilanjutkan pembacaan SK, pelantikan oleh Ketua Prima DMI Pusat. Penyerahan surat keputusan, dan foto bersama.

Acara juga dilanjutkan penyerahan santunan secara simbolis kepada 300 orang anak Yatim.

Walikota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin dalam sambutannya menyampaikan puji syukur kehadiran Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunianya yang memberikan kita kesempatan untuk hadir di acara peresmian Mesjid Al-Muslimin Medan.

“Walaupun dulu Mesjid belum memakai sound system untuk memanggil orang untuk sholat, tetapi dulu Mesjid dipenuhi oleh yang mendirikan sholat, tetapi sekarang dengan teknologi yang canggih orang jarang mendirikan Sholat di Mesjid karena kesibukan masing-masing,” ujarnya.

Selanjutnya berkat bantuan dan partisipasi oleh orang yang peduli dengan Mesjid, bersyukur karena Mesjid Al-Muslimin Medan telah beridiri dengan kokoh.

“Kita berharap walaupun Mesjid ini sudah terbangun dengan kokoh, Mesjid ini juga membutuhkan kita untuk menjadi jemaah dalam mendirikan Sholat,” ujar Walikota.

Walikota mengatakan Mesjid yang ada di kota Medan sampai saat ini sebanyak 1500 kurang lebih, semoga untuk kedepannya Mesjid di Kota Medan semakin banyak. Wakapolri Komjen Pol Drs. Syafruddin, M.Si menyampaikan Puji syukur kehadiran Allah SWT, sehingga bisa hadir ditempat ini di Mesjid Al-Muslimin Kota Medan.

“Saya selaku Ketua Umum Dewan Mesjid Indonesia berterimakasih kepada Walikota Medan dan orang yang telah berpartisipasi dalam membangun Mesjid Al-Muslimin Medan,” ujar Wakapolri.

Sesuai dengan visi misi, pemberdayaan ekonomi juga akan dilakukan di Mesjid, dan sekarang ini mengkedepankan wisata religi berbasis Mesjid.

Wakapolri mengatakan Hakikat Mesjid dari zaman Rasulullah adalah tempat segalagalanya, bukan hanya ibadah saja tetapi bisa digunakan untuk apa saja.

“Saya sudah mendapatkan laporan di Medan sudah mempunya 1500 Kl Mesjid, saya perkirakan mesjid yang ada di Indonesia sebanyak 800 juta lebih Mesjid,” ujarnya.

Wakapolri berharap mudah-mudahan dengan adanya Mesjid ini membangun nilai-nilai Islamiah kepada seluruh orang di Kota Medan. “Saya khususnya datang ke Kota Medan dalam peresmian Mesjid ini, dan sekaligus untuk kembali kekampung halaman, mudah-mudahan keberadaan Mesjid Al-Muslimin menjadi tempat pemersatu seluruh orang di Sumatera Utara,” tutupnya.

Kegiatan peresmian Mesjid Al-Muslimin oleh Wakapolri berjalan dengan aman dan lancar, kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa bersama di Hotel Adi Mulia Medan bersama dengan Kapolda Sumut dan Wakapolda Sumut serta para PJU Polda Sumut.

Seblumnya dilakukan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita tanda diresmikannya Mesjid Al-Muslimin oleh Wakil Ketua Umum Dewan Mesjid Indonesia dan Bp. Walikota Medan.

Wakapolri dan rombongan juga menyempatkan diri melakukan peninjauan secara langsung di Mesjid Al-Muslimin Medan dan fasilitas Mesjid. [ulfah]

Post a Comment

Top