0
BELAWAN | GLOBAL SUMUT-Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M dalam hal ini Tim The Firsr One Quick Response I (F1QR I) Lanal Lhokseumawe menyergap speedboat yang diduga membawa 67,4286 Kg dan diperkirakan Senilai Rp134 Milyar disekitar alur Kuala Peunaga Lama, Aceh Tamiang, pada Kamis13 September 2018 lalu.

"Keberhasilan tersebut merupakan komitmen TNI Angkatan Laut, khususnya Koarmada I membantu program pemerintah dalam upaya memberantas peredaran narkoba yang semakin marak di tanah air, " ujar Pangkoarmada Lantamal I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, saat paparan di demaga Lantamal I Belawan, Jum'at (14/9/2018) sore.

Dikatkannya sehari sebelumnya, ada informasi dari intilijen Lantamal I bahwa akan masuk sebuah speedboat dari Penang ke daerah Seruwei yang diduga membawa narkoba jenis sabu yang nilainya diperkirakan mencapai Rp 134 miliar.

Selanjutnya pada Kamis (13/9) dua orang personel Posal Seruwei sekitar pukul 06.15 WIB, dengan menggunakan perahu melaksanakan pengintaian dan beberapa menit kemudian tim patroli Posal Seruwei menemukan speedboat yang dicurigai di daerah alur Kuala Peunaga Lama pada koordinat 04 43 99 LU - 098 24 83 T, selanjutnya diadakan penghentian pemeriksaan dan penangkapan.

Pada saat dihentikan speedboat tersebut berusaha melarikan diri dan oleh tim patroli diberikan tembakan peringatan ke udara sebanyak tiga kali, sehingga speedboat berhenti di tepi alur dan dua orang awak speedboat langsung melompat ke darat dan melarikan diri ke hutan bakau.

Selanjutnya speedboat beserta barang berupa 2 buah tas besar yang ada di dalam speedboat ditarik dan diamankan ke Posal Seruwai guna proses dan selanjutnya barang bukti yang diamankan berupa speedboat terbuat dari kayu lapis viberglass warna hijau les merah putih dengan mesin tempel 200 PK merek Yamaha, dua tas besar yang diduga berisi narkoba jenis sabu (62 bungkus kemasan) diamankan dan dijaga ketat di Kantor Pomsl Lantamal I.

Hasil dari penimbangan barang bukti yang disaksikan oleh BNN Sumut berhasil diketahui total barang sabu seberat 67,4286 Kg dan diperkirakan mencapai Rp 134 miliar.

Hadir dalam konferensi pers di Mako Lantamal 1 Belawan diantaranya, Panglima Koarmabar 1 Laksamana Muda TNI Yudo Margono S. E. M, M, Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto, S.E.,M.Si,Wadan Lantamal 1 Kolonel Marinir Aris Mudian, Kepala BNN Sumut Brigjen Marsauli Siregar, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan SH, MH yang diwakili oleh Waka Polres Pelabuhan Belawan Kompol Eddi Suprianto SH, Seluruh Asisten Dan Lantamal 1, Dan Tim Intel Lantamal 1, Dan Pomal Lantamal 1, Kadis Kum Lantamal 1, Karum Kital Komang Makes Belawan,  Komandan KRI Kujang, Komandan KRI Sigalu,  Komandan KRI Siada,  Komandan KRI Patiunus, Komandan KAL Bireun, Komandan KAL Siba,  Komandan KRI Tarihu,  Dan Yon Marharlan 1.[abu]

Post a Comment

Top