0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1, Bambang Eka Cahyana melakukan pertemuan bersama Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi di Kantor Gubernur Sumatera Utara pada Rabu, (24/10/2018). Pertemuan Pelindo 1 dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara ini dalam rangka membahas sinergi dalam meningkatkan potensi pelabuhan untuk mendorong pembangunan dan perekonomian di Sumatera Utara.

Dalam programnya pengembangan pelabuhan di Sumatera Utara, Pelindo 1 terus berupaya untuk meningkatkan layanan dan fasilitas kepelabuhanan. Di antaranya dengan mengembangkan potensi Pelabuhan Belawan yang merupakan pelabuhan terbesar di Sumatera. Berbagai pengembangan yang dilakukan antara lain, penataan Terminal Penumpang Bandar Deli yang mampu melayani 2.500 penumpang dengan dilengkapi fasilitas modern yang lengkap yang telah diresmikan pada Juni 2016, pembangunan Dedicated Terminal (Terminal CPO Antar Pulau) menjadi sebesar 1,8 juta/tahun, Shorebase Terminal dan Car Terminal dengan kapasitas 880 unit mobil dan Terminal Multipurpose (Terminal Curah Kering berkapasitas sebesar 1 juta ton, Terminal General Cargo, dan Dermaga IKD).

Selain itu, Pelabuhan Kuala Tanjung yang terletak di Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara, akan dikembangkan menjadi hub internasional yang terintegrasi dengan kawasan industri. Pada tahap awal, Pelindo 1 mengembangkan Terminal Multipurpose yang telah selesai dibangun dan siap dioperasikan tahun ini. Pelabuhan Multipurpose Kuala Tanjung ini pada saat uji coba sudah disandari kapal cruise Star Libra sebanyak 6 kali dengan membawa ribuan turis mancanegara yang berkunjung ke Danau Toba dan Kota Medan.

Terkait dengan pengembangan Kawasan Industri Kuala Tanjung, Pelindo 1 telah menerima penugasan oleh Pemerintah yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 81 tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Pelabuhan dan Kawasan Industi Kuala Tanjung di Provinsi Sumatera Utara. Pelabuhan Kuala Tanjung yang menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional ini berada tepat di tengah Selat Malaka yang merupakan salah satu perairan tersibuk di dunia yang akan memberikan nilai tambah bagi pengembangan ekonomi wilayah serta mendukung konektivitas nasional.

Untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat pengguna transportasi laut, Pelindo 1 melakukan penataan Terminal Penumpang di beberapa pelabuhan yang dikelolanya, meliputi: Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan, Terminal Teluk Nibung Pelabuhan Tanjung Balai Asahan, dan Terminal Penumpang Pelabuhan Sibolga. Terminal penumpang ini dilengkapi dengan fasilitas modern yang lengkap dengan desain yang mengangkat nuansa kearifan lokal.

Kunjungan Direktur Utama Pelindo 1 ini didampingi oleh Direktur Bisnis Pelindo 1 Syahputera Sembiring, Direktur Perencanaan dan Pengembangan Pelindo 1 Hosadi A. Putra serta Direktur PT Prima Pengembangan Kawasan, Sahat Prawira beserta Corporate Secretary Pelindo 1 M Eriansyah.[abu]

Post a Comment

Top