0
SERGAI | GLOBAL SUMUT-  Dolok Masihul (26/11) Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan Melakukan Kegiatan-Kegiatan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang bedagai.

Hal itu di sampaikan Drs. Jhony Walker Manik, MM Kadis Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai baru baru ini dalam Kegiatan Diseminasi teknologi Pengembangan Teknologi Pembelajaran Berbasis Alat Peraga Edukatif, di Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten serdang bedagai Propinsi Sumatera Utara.

Hal ini selaras dengan semangat yel-yel yang selalu di dengungkan oleh insan pendidikan di Kabupaten Serdang Bedagai yaitu, Pendidikan Kabupaten Sergai identik dengan inovasi.

Jadi dengan pelatihan dan Workshop yang dilaksanakan oleh LPM Unimed kepada guru-guru akan menambah daya inovasi guru dalam peningkatan mutu pembelajaran yang dilaksanakan, dengan memanfaatkan alat peraga sederhana yang terbuat dari  barang-barang yang ada disekitar.

Kemudian Jhony juga menambahkan saat ini Dinas Pendidikan Sergai melakukan berbagai aktivitas penunjang Kualitas pendidikan tidak pada kegiatan ceremonial akan tetapi langsung terjun ke lapangan dan langsung ke sasaran sekolah-sekolah yang di tuju untuk langsung memantau perkembangan pendidikan di Sergai, paparnya.

Dalam kesempatan itu Nara sumber  dr. Sofyan Tan Anggota Komisi X DPR-RI mengungkapkan bahwa, pada moment hari guru tersebut, guru merupakan aktor utama dalam tinggi rendahnya mutu pendidikan, oleh karena itu mindset guru harus mengembangkan inovasi pendidikan jauh kedepan, ungkap anggota parlemen suara terbanyak dapil sumut 1 tersebut.

Maka dari itu kesejahteraan guru menjadi sebuah prioritas utama dalam mendukung peningkatan kualitas endidikan di Indonesia. Hal tersebut telah dilakoni oleh politisi PDIP tersebut dalam mengelola Sekolah Iskandar Muda yang memiliki siswa ribuan tersebut. Guru-guru dan tenaga pendidik di berikan asuransi serta di berikan beasiswa untuk melanjut pada bidang pendidikan.

hal inilah yang di perjuangkan di parlemen untuk meningkatkan kesejahteraan guru, Selain itu kerjasama dengan Unimed sebagai stake Holder di Bidang Pendidikan harus terus di lanjutkan, cetus dokter yang concern di bidang pendidikan tersebut.

Menanggapi hal tersebut Rektor Unimed Yang di wakili Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul hamid K, M.Pd yang di damping Wakil Rektor II Dr. Restu, MS dan Ketua LPM Unimed Dr. Kustoro Budiarta  mengungkapakan, Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dari DRPM Kemenristek Dikti yang di amanahkan Kepada Universitas Negeri Medan.

Masih banyak lagi program yang terkait di bidang pendidikan maupun pada bidang yang lainnya yang terus dilaksanakan oleh Universitas lewat Lembaga Pengabdian masyarakat. Dengan adanya alat peraga ini di harapkan guru mampu mendekatkan konsep ilmu pengetahuan secara visual sehingga mempermudah siswa dalam memehami materi yang di ajarkan, ungkap guru besar yang malang melintang di dunia pendidikan tersebut.

Lanjutnya, Unimed siap bekerjasama dengan siapapun dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di republik ini, karena permasalahan pendidikan tidak dapat di topang oleh 1 pihak saja akan tetapi komponen-komponen yang lain juga ikut mewarnai dalam dunia pendidikan, yang di mulai dari keluarga, lingkungan, Sekolah, Dinas Pendidikan, Parlemen dan stake holder yang lain. Ketika semua berjalan maka tujuan pendidikan akan sesuai yang di amanatkan oleh undang-undang, terang mantan Dekan Tehnik unimed tersebut.

Kegiatan yang berlangsung di Aula SD Negeri 10209119 Desa Kerapuh Kecamatan Dolok Masihul  turut di hadiri Sekertaris LPM Unimed Mukti hamjah, M.Si , Ketua Program Deo Demonta Panggabean, M.Pd, Koordinator Kerjasama dan Pengembangan Wilayah, Irfandi, M.Si , Koordinator Program Dr. Heni yusnizar, M.Pd, Kepala Sekolah dan Guru-Guru Sekecamatan Dolok Masihul.[Irfandi Jurnalis warga]

Post a Comment

Top