0
MEDAN  | GLOBALSUMUT-Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) mendukung akan diadakannya ajang Pelatihan Jurnalistik Nasional Pers Mahasiswa di Sumut. Diharapkan, pelatihan tersebut dapat memotivasi para mahasiswa untuk bisa menjadi jurnalis yang handal dan siap bekerja di media massa mana pun.

Hal itu disampaikan Plh Sekdaprov Sumut Zonny Waldi saat menerima audiensi Panitia Pelaksana Pelatihan Jurnalistik Nasional Pers Mahasiswa, Rabu (31/10) di ruang kerjanya Lantai 8 Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan. “Meski saat ini mahasiswa ada yang menjadi jurnalis kampusnya. Tapi tidak tertutup kemungkinan kelak mereka menjadi jurnalis yang handal bila sudah lulus kuliah,” ujar Zonny.

Untuk itu, Zonny berharap seluruh peserta nantinya bisa mengikuti setiap materi yang disampaikan dengan baik. Para peserta juga bisa menggali atau mencoba membuat berita dengan mengangkat keindahan panorama Danau Toba.

 “Kebetulan acara ajang pelatihan jurnalistik akan diadakan di objek wisata, para peserta bisa mengangkat panorama alam untuk disajikan di media kampus masing-masing,” kata Zonny, sembari menyampaikan Pemprov Sumut siap mendukung untuk kelancaran acara tersebut.

Sementara, Ketua LPM Teropong Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), yang juga Ketua Panitia Mutia Jafar mengatakan pelatihan tersebut merupakan kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Pers Mahasiswa (UKM-LPM) Teropong UMSU yang dimulai dari 1 hingga 5 November 2018.

“Ajang ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas para wartawan muda, khususnya pers mahasiswa yang nantinya akan berkiprah dalam berbagai perwajahan media. Khususnya pelatihan ini sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan pers mahasiswa se Indonesia, yang sesuai dengan kemajuan zaman di era globalisasi,” paparnya.

Rencananya, kegiatan ini diawali pembukaan di kampus UMSU dan dilanjuti di Danau Toba. Juga akan diisi oleh pembicara dari media nasional seperti Kompas dan pembicara dari Sumatera Utara.[ulfah]

Posting Komentar

Top