0

MEDAN | GLOBAL SUMUT-TP PKK Kel. Sei Agul, Kec. Medan Barat masuk dalam nominasi lomba pola asuh anak dan remaja (PAAR) tingkat Sumut. Hal ini diketahui saat tim evaluasi TP PKK Provinsi Sumut mengunjungi Kelurahan Sei Agul, Senin (5/11).

Kehadiran tim evaluasi TP PKK Provsu beserta rombongan disambut oleh Wali Kota Medan, Drs.H.T Dzulmi Eldin S.M.Si yang dihadiri Wakil Wali Kota Medan, Ir.Akhyar Nasution,M.Si bersama Ketua TP PKK Kota Medan, Hj.Rita Maharani Dzulmi Eldin,SH.

Dalam sambutan tertulis Wali Kota Medan yang dibacakan Wakil Wali Kota mengaku mengapresiasi dan menyambut baik atas terlaksananya evaluasi ini, semoga evaluasi ini memberikan dampak positif bagi kemajuan TP PKK Kelurahan Sei Agul khususnya dalam pelaksanaan program pola asuk anak dan remaja di kelurahan Sei Agul.

Disamping itu, menurut Wakil Wali Kota, keberadaan PKK ditengah-tengah masyarakat selama ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap akselerasi pembangunan karena fungsi PKK sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pembangunan yang ada di semua tingkatan mulai dari tingkat Kota, Kecamatan dan Kelurahan yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan keluarga.

"Selama ini program PKK Kota Medan sangat banyak mendorong program-program pembangunan yang berbasis partisipasi, artinya program kerja PKK yang tertuang dalam 10 program pokok PKK pada umumnya mencerminkan pembangunan yang berbasis masyarakat."kata Wakil Wali Kota.

Selain itu, Wakil Wali Kota juga mengingatkan tantangan yang sekarang dihadapi dalam era globalisasi sangatlah besar, dimana persaingan untuk maju sangat ketat. Oleh karena itu, Wakil Wali Kota menghimbau kepada seluruh pengurus PKK agar dituntut menumbuh kembangkan sikap dan prilaku, kemandirian pribadi, keluarga dan masyarakat agar tidak keliru dalam menerima arus globalisasi tersebut.

"Kita harus siap menghadapi tantangan globalisasi yang saat ini terjadi dengan cara mengembangkan sumber daya manusia sebagai upaya mewujudkan visi gerakan PKK yaitu terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju mandiri, kesetaraan dan keadalian gender serta kesadaran hukum dan lingkungan."jelas Wakil Wali Kota.

Diakhir sambutan, Wakil Wali Kota meminta kepada tim evaluasi tingkat Sumut agar melaksanakan evaluasi sesuai dengan kriteria maupun instrumen penilaian yang ditetapkan.

"Kami mohon kepada tim penilai agar melaksanakan evaluasi sesuai dengan kriteria dan instrumen yang ditetapkan dan dapat memberikan informasi dengan tepat dan jelas sehingga kedepanya kelurahan Sei Agul dapat meningkatkan potensinya, khususnya dalam bidang pola asuh anak dan remaja."ujar Wakil Wali Kota.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Medan, Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin,SH mengatakan era globalisasi yang terjadi saat ini memiliki dampak bagi masyarakat baik positif maupun negatif. Dampak positif nya yaitu perkembangan teknologi yang semakin canggih sehingga mempermudah seseorang untuk memproleh berbagai informasi yang tidak terbatas. Sedangkan dampak negatif yang ditakuti adalah gaya hidup yang sangat menonjolkan sifat individualistik dan bebas. Atas dasar inilah Rita Maharani menilai perlu adanya pola dalam mengasuh anak. Artinya orang tua diminta dapat membina dan membimbing anak baik jiwa maupun raganya sejak lahir sampai dengan dewasa.

"Sebagai orang tua kita harus semakin termotivasi dalam mendidik anak baik balita maupun remaja dengan sebaik mungkin terutama terhadap remaja, apalagi saat ini sangat marak peredaran narkoba, karena itu kita harus bisa menyikapinya dengan sebaik mungkin."kata Rita Maharani.

Dengan hadirnya tim evaluasi ini, Rita Maharani berharap dapat memberikan bimbingan sebagai perbaikan terhadap inovasi-inovasi pola asuh yang telah ada di Kelurahan Sei Agul ini.

"Mari kita manfaatkan kunjungan ini sebagai ajang pembelajaran bagi kita semua dalam mengembangkan pola asuh anak dan remaja."ajak Rita Maharani.

Selanjutnya, Ketua tim evaluasi TP PKK Provsu, Mahreni Asfan Sofyan Batubara mengatakan tujuan dari evaluasi ini ialah untuk mencari juara pertama yang nantinya akan mewakili Sumut di tingkat nasional. Untuk itulah Mahreni mengucapkan selamat kepada TP PKK Kelurahan Sei Agul karena sudah masuk ke tahap nominasi.

Dalam penilaian tersebut turut hadir Kepala Dinas P3A&PM, Dammikrot,S.Sos,M.Si, Wakil Ketua I TP PKK Kota Medan, Hj. Nurul Khairani Akhyar, Camat Medan Barat, Rudi Faizal Lubis,AP.MSi, Lurah dan Kepling serta seluruh pengurus PKK Kelurahan Sei Agul.[ulfah]

Post a Comment

Top