0
MEDAN | GLOBALSUMUT-Wali Kota Medan Drs. H.T Dzulmi Eldin S, MSi mengungkapkan Pemerintah Kota (Pemko) Medan berkomitmen untuk mengendalikan inflasi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Kota Medan. Pengendalian itu berupa penekanan angka inflasi di bawah 5 persen melalui penyediaan pasokan, distribusi dan pengendalian harga bahan pokok strategis. Demikian hal ini disampaikan Wali Kota Medan ketika menghadiri acara Indonesia Visionary Leader (IVL) Season 3, yang digelar salah satu Harian Nasional di gedung SINDO, Jakarta, Rabu (31/10).

Dijelaskan Wali Kota, dalam mengendalikan Inflasi, Pemerintah Kota Medan mendirikan "Kedai Kita" untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok. Artinya didirikannya "Kedai Kita" tersebut, bukan untuk menyaingi pedagang sembako yang berjualan di pusat pasar, tetapi hanya untuk memberikan kepastian harga bagi masyarakat dan pedagang mengenai harga yang sebenarnya, supaya masyarakat dapat memperoleh harga yang terjangkau,"Jelas Wali kota.

Untuk itu Wali Kota berharap, kedai ini tidak hanya ada di pusat pasar, tapi juga akan didirikan di semua pasar yang ada di Kota Medan. Hal ini bertujuan agar mempermudah masyarakat, sehingga tidak harus jauh-jauh mendatangi pusat pasar untuk berbelanja berbagai kebutuhan pokok.

"Kalau harga bahan kebutuhan pokok di sekitar tempat tinggal kita mulai naik, belanja ke Kedai Kita saja. Harga di sini tidak akan pernah naik karena tujuan kehadirannya untuk stabilitas pangan," Ujar Wali Kota.

Selanjutnya Wali Kota Medan menjelaskan, sebagai bentuk memperkuat komitmen, Selain "Kedai Kita", Pemko Medan juga mendirikan "Pasar Murah" sebagai salah satu upaya dalam mengendalikan harga sembilan bahan pokok menjelang hari-hari besar keagamaan.

"Pasar ini didirikan di 151 titik Kelurahan di Kota Medan, dibuat beberapa hari menjelang hari raya keagamaan. Selama digelar pasar murah ternyata sangat berpengaruh dalam pengendalian inflasi" jelas Wali Kota.[ulfah]

Post a Comment

Top