0
RIAU | GLOBALSUMUT-Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D bersama Panglima TNI mendampingi Presiden RI dalam acara penganugerahan Gelar Adat Melayu Riau kepada Presiden RI di Balai Adat Melayu Riau Sabtu 15 Desember 2018 di Pekanbaru, Riau.

Dalam kegiatan ini Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si tampil menggunakan pakaian adat untung mendampingi Presiden RI, juga hadir Kabin Jenderal Pol. (Purn.) Prof. Drs. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D. , Jenderal TNI (Purn.) Dr. Moeldoko, S.IP serta kadivhumas Brigjen Pol Muhammad Iqbal, SIK dan kadivpropam Irjen Pol Drs Listyo Sigit Prabowo,M.Si mendampingi Kapolri dari Mabes Polri. 

Presiden RI Ir. Joko Widodo mendapat gelar Datuk Sri Setia Amanah Negara dari masyarakat adat Melayu Riau. Gelar tersebut diberikan atas jasa presiden dalam mengatasi berbagai masalah yang terjadi di wilayah itu, di antaranya membebaskan Riau dari kabut asap.

Selain keberhasilan menghilangkan kabut asap, Presiden Jokowi juga dianggap berjasa dalam hal pengurusan sertifikat tanah. Melalui Peraturan Presiden RI Nomor 86 Tahun 2018 tentang pelaksanaan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA), Perpres itu membuka peluang besar bagi masyarakat adat Melayu Riau untuk mengurus pengakuan berbentuk sertifikat milik bersama atas tanah adatnya.
 

Instruksi Presiden (Inpres) RI Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penundaan dan Evaluasi Perizinan Perkebunan Kelapa Sawit serta Peningkatan Produktivitas Perkebunan Kelapa Sawit juga dianggap prestasi Jokowi bagi masyarakat adat Melayu Riau.

Selain itu, di bidang infrastruktur, Jokowi juga dinilai berjasa karena melahirkan proyek strategis nasional di Riau. Kebijakan itu membuat negeri berjuluk Bumi Lancang Kuning itu memperoleh sejumlah proyek strategis nasional, terutama di bidang infrastruktur jalan tol dan pembangkit listrik.[red]

Post a Comment

Top