0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan (Unimed)  sukses melaksanakan pelatihan penyusunan laporan keuangan  Masjid berbasis IT di Masjid Nurul Ikhwan  Jalan Karya Kasih Pangkalan Masyhur Medan pada Rabu, (16/10).

 Ketua Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat, Drs. Thamrin, M.Si, dalam siaran persnya mengatakan, pelatihan ini diadakan untuk mempersiapkan Badan Kemakmuran Masjid (BKM) dalam merealisasikan era Revolusi Industri 4.0. “Adalah penting untuk memaksimalkan teknologi informasi dalam berbagai aktifitas, khususnya dalan penyusunan laporan keuangan mesjid. Selain lebih akurat,  hal ini juga meningkatkan akuntabilitas dan transfaransi sehingga para jamaah Masjid akan lebih mudah mengakses laporan keuangannya .” Ujar Thamrin. Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh  35 orang yang terdiri dari pengurus BKM Masjid di Kelurahan Pangkalan Masyhur Medan Johor Medan.

Ketua pelaksana juga berencana untuk melaksanakan pelatihan lanjutan di Mesjid yang sama guna memastikan tingkat pemahaman pengurus BKM dalam  penggunaan aplikasi komputer dalam penyusunan laporan keuangan masjid. Ketua LPPM Unimed, DR.Kustoro Budiarta, ME, sangat mendukung kegiatan ini. “Kegiatan akademisi memang hendaknya tidak hanya berakhir sampai di kampus saja, tetapi juga harus berusaha menyebarkan ilmunya demi pemberdayaan masyarakat di lingkungan sekitar.”  Seperti kegiatan ini, Ucap Kustoro.

Selama ini, pencatatan pelaporan keuangan masjid hanya dilakukan secara manual dan ditempelkan di mading masjid. Diharapkan dengan digunakannya aplikasi pelaporan keuangan ini, dapat mempermudah BKM dalam melakukan pencatatan penerimaan dan pengeluaran kas masjid sehari-hari.

Pelaksanaan program pelatihan yang dilaksanakan oleh Thamrin bersama anggota tim pengabdian lainnya yaitu Drs. Ahmad Hidayat, M.Si, Drs. M. Fachry Nasution, M.Pd., M.Si., dan Reza Aditia, S.Pd disambut postif oleh pengurus-pengurus BKM yang hadir. Tidak hanya sampai disini, LPPM UNIMED berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan serupa, agar pemberdayaan masyarakat dapat terlaksana dengan merata dan berkesinambungan. (Humas Unimed)

Posting Komentar

Top