0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si., M. H., diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial, Drs. H. Musaddad, M.Si., menerima kunjungan Tim Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatra Utara, Selasa (15/10) ke Kecamatan Medan Kota.

Kedatangan Tim Penilai yang diketuai Drs. Koni Ismail Siregar disambut dengan tabuhan gordang sambilan dalam sebuah acara yang digelar di halaman kantor Kecamatan Medan Kota. 

Turut menerima kedatangan Tim ini antara lain Camat Medan Kota, H. T. Yudi Chairuniza, unsur pengurus TP PKK Kota Medan dan Kecamatan Medan Kota, unsur Forkopimcam Medan Kota, para lurah dan kepala lingkungan se-Kecamatan Medan Kota, Kepala Puskesmas di Kecamatan Medan Kota, tokoh organisasi masyarakat dan pemuda, MUI Medan Kota, serta segenap warga Medan Kota.     

Kecamatan Medan Kota bersama 14 kecamatan lainnya yang ada di Provinsi Sumut untuk tengah bersaing meraih predikat kecamatan terbaik. Sejumlah program dan inovasi yang telah dilakukan pun mendapat penilaian baik dari Tim Penilai. Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Musaddad, Wali Kota mengatakan, kunjungan tim penilai ini merupakan kesempatan baik bagi Kecamatan Medan Kota. Ajang ini, lanjut Musaddad, dapat menjadi sarana bertukar informasi yang nantinya menjadi bahan evaluasi tersendiri bagi Kecamatan Medan Kota khususnya dan bagi Kota Medan umumnya, dalam menjalankan seluruh program pemerintah serta memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Selanjutnya ungkap Musaddad, Kecamatan Medan Kota memiliki beberapa program unggulan yang penuh inovasi pelayanan dan pembangunan.

 "Untuk itu saya memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dedikasi serta kinerja camat dan seluruh jajarannya, begitu juga dengan PKK Kecamatan, terkhusus kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam pembangunan. Saya menilai Kecamatan Medan Kota layak menjadi salah satu nominasi kecamatan terbaik di tingkat Provinsi Sumut, bahkan menjadi juara," kata Musaddad.

Diingatkan Musaddad, penilaian dan gelar juara adalah bonus atas kerja keras yang dilakukan selama ini. "Tetaplah menjaga ritme kerja yang baik, sebab puncak penghargaan bagi kita adalah kepuasaan serta partisipasi dari masyarakat atas apa yang kita laksanakan," pesannya.

Pada kesempatan itu juga, Camat Medan Kota H. T. Yudi Chairuniza, memaparkan ekspose atas capaian dan inovasi yang telah dilakukan di Kecamatan Medan Kota di hadapan tim penilai. Diawali dengan pemaparan profil, Yudi selanjutnya mengungkapkan Kecamatan Medan Kota saat ini telah menyediakan ruang khusus merokok bagi masyarakat yang tengah membutuhkan layanan di Kantor Kecamatan Medan Kota. Dengan ruang khusus ini, Yudi pun berharap agar warga yang tidak merokok tidak terganggu.

Di samping itu tambah Yudi lagi, mereka juga menyediakan toilet khusus bagi penyandang disabilitas dan ruangan bagi ibu menyusui. Adapun tujuan pengadaan toilet khusus dan ruang menyusui, jelas Yudi, agar penyandang disabilitas maupun ibu menyusui agar tidak terganggu saat melakukan pengurusan di Kantor Kecamatan Medan Kota.

"Program terbaru kita untuk mempermudah layanan bagi masyarakat, kita telah meluncurkan Program Siakur. Siap Antar ke Rumah. Melalui program ini, kita telah menyiapkan tim yang akan mengantar langsung ke rumah setiap pengurusan administrasi warga seperti surat-surat maupun dokumen kependudukan seperti KTP, KK serta akte kelahiran apabila sudah selesai," jelasnya.

Tidak itu saja bilang Yudi, seluruh lurah telah diinstruksikannya untuk berkantor rutin setiap Minggu di pos siskamling untuk lebih dekat dan cepat melayani masyarakat. Guna mendukung layanan, komputer dan printer dari kantor kelurahan ke pos siskamling. 

"Alhamdulillah, langkah kita ini mendapat apresiasi warga. Artinya, upaya kita (pemerintah) untuk hadir di tengah masyarakat telah dirasakan masyarakat," paparnya.

Sedangkan untuk penataan lingkungan, dianmenjelaskan, mereka telah berhasil menjadikan sejumlah tempat yang selama ini kumuh karena lokasi pembuangan sampah telah diubah menjadi tempat selfie yang menarik bagi warga.

"Ada 12 lokasi yang telah kita jadikan tepat selfie. Ke depan, kita akan berupaya menghadirkan tempat selfie di seluruh lingkungan di wilayah Kecamatan Medan Kota," tekadnya.

Setelah itu giliran Ketua PKK Kecamatan Medan Kota Nur Yudi Chairuniza menyampaikan ekspose, terkait program PKK yang telah dilakukan selama ini, termasuk keberhasilan yang telah diraih sekaligus menghadirkan seluruh kelompok kerja (pokja) yang mendukung seluruh program PKK. Usai melihat pemaparan dan ekspose yang disampaikan Camat Medan Kota dan Ketua PKK Kecamatan Medan Kota, Ketua Tim Penilai Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut, Drs. Koni Ismail Siregar mengatakan, sudah melakukan penilaian sekaligus supervisi di 5 kota di Provinsi Sumut dan Kecamatan Medan Kota merupakan yang keenam.

"Tugas kami adalah melakukan penilaian dan penyaringan. Saat ini ada 15 kecamatan dari kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumut. Kami akan melakukan penyaringan untuk memilih 6 kecamatan terbaik, semoga Kecamatan Medan Kota masuk 6 besar dan bisa keluar sebagai pemenang. Kami melihat saya saingan Kecamatan Medan Kota adalah kecamatan dari Kota Pematang Siantar," ungkap Koni.[Mashuri]

Posting Komentar

Top