0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-KSJ dikenal sebagai komunitas yang Menginspirasi, Amanah, Nasionalis, Transparan, Aktif dan Peduli (MANTAP).

KSJ edisi ke-19 ini dilakukan bertepatan dengan Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2019. Saat ini terdapat 700 relawan KSJ termasuk 100 relawan pelajar. Sedangkan penerima santunan mencapai 1.800 kepala keluarga.

AKBP H Ikhwan Lubis SH MH, Kapolres Pelabuhan Belawan yang kini diamanahkan menjadi Kapolres Batubara ini adalah sosok yang menginspirasi KSJ. Ikhwan Lubis adalah sosok polisi peduli terhadap anak yatim piatu dan dhuafa.

Koordinator KSJ Saharuddin mengatakan bahwa KSJ terus tumbuh untuk kemanusiaan. ''KSJ hadir untuk kita dan mereka anak yatim piatu dan kaum dhuafa. Juga saudara kita yang butuh kepedulian dan kesetiakawanan sosial.

Saharuddin berharap relawan KSJ jangan pernah menghitung hasil. ''Teruslah bekerja ikhlas. Biarlah Tuhan yang membalasnya. Relawan KSJ harus tangguh disegala ruang. Hujan dan panas jadikan teman agar pengabdian jadi panutan,'' katanya.

Koordinator KSJ menambahkan doa dan air mata dari masyarakat mengokoh bersama harapan. ''Itulah takdir Tuhan atas tugas kemanusiaan yang kalian emban. KSJ datang membawa senyum untuk berempati  dan saling peduli,'' sebutnya.

KSJ, menurut Saharuddin, adalah ladang amal. KSJ adalah wadah silaturahmi, lambang solidaritas dan kemanusiaan yang menyatukan hati dari berbagai dimensi.

''KSJ jadi ibadah sosial. Suka dan duka kita panggul bersama. KSJ untuk kita semua. Wujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,'' katanya.

Koordinator KSJ Saharuddin menegaskan bahwa KSJ lahir karena AKBP H Ikhwan Lubis SH MH yang cukup besar kepada anak yatim piatu, kaum dhuafa dan masyarakat miskin yang butuh bantuan untuk berobat. ''Perhatian pada masyarakat ini dilakukan Pak Ikhwan Lubis sudah lama sejak menjabat Kapolres Pelabuhan Belawan hingga saat ini menjadi Kapolres Batubara sehingga menginspirasi kawan-kawan untuk melakukan hal yang sama,'' kata koordinator.

KSJ lahir sejak 15 Agustus 2019 dimana hingga akhir Desember telah dilaksanakan 20 edisi. ''Meski Pak Ikhwan Lubis selaku Dewan Pembina KSJ sudah pindah tugas ke Batubara, aktivitas KSJ terus berjalan.

Apalagi secara pribadi, AKBP H Ikhwan Lubis SH MH akan terus ikut membina KSJ. ''Beliau telah mewariskan nilai-nilai keteladanan kepada masyarakat Medan Utara untuk selalu peduli dan berbagi,'' sebutnya.

Saharuddin yakin bahwa AKBP Dr M Rahmani Dayan yang menjadi Kapolres Pelabuhan Belawan saat ini juga akan memberi perhatian yang sama pada masyarakat. ''Kapolres yang baru ini lahir dan besar di Medan Utara. Selain polisi, Bapak Rahmani Dayan dikenal sebagai badan kenaziran masjid di Tanjungmulia. Apa yang dilakukan Pak Ikhwan Lubis akan ditindaklanjuti Kapolres yang baru,'' ucapnya.

Ia menambahkan KSJ hadir di 21 kecamatan di Medan. KSJ juga akan hadir di kabupaten/kota lain di Sumut. Setelah Serdangbedagai akan dikukuhkan KSJ Batubara.

Paket sembako bantuan KSJ diberikan langsung ke rumah pada anak yatim piatu, janda tua yang tidak memiliki penghasilan. KSJ juga memberi perhatian pada masyarakat miskin seperti anak gizi buruk dan warga dengan penyakit asma akut yang kesulitan dalam berobat yang akan dirujuk ke rumah sakit. Pak Ikhwan Lubis juga memberi perhatian pada anak-anak berprestasi dari keluarga kurang mampu seperti padw Pevin yang sudah tampil dibeberapa stasiun televisi.

Kordinator KSJ Saharuddin mengajak masyarakat yang hendak menyalurkan sedekah untuk dapat mengirimkan bantuannya melalui rekening Bank Mandiri 106.00.0808788-7 atas nama Komunitas Sedekah Jumat,'' ujarnya.[abu]

Posting Komentar

Top