0


MEDAN | GLOBAL SUMUT-Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata Kota Medan memperkenalkan program Medan Creative Market (pasar kreatif Medan) yaitu sebuah akun group yang menjadi wadah bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk memasarkan produknya.

Akun group ini diperkenalkan langsung ke Plt Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si saat mengunjungi Kantor Dinas Pariwisata Kota Medan di jalan Prof.H.M Yamin, Jumat (8/5).

Dalam kunjungan tersebut, Plt Wali Kota Medan yang hadir didampingi Asisten Administrasi Umum, Renward Parapat, ATD.MT mendengarkan penjelasan dari Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, Drs. Agus Suriyono terkait akun group ini.

Dalam penjelasannya Agus mengatakan akun group Medan Creative Market yang berbasis Facebook merupakan sebuah wadah bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk memasarkan produknya. Nantinya para pelaku ekonomi kreatif dapat berkomunikasi langsung dengan para pembeli

"Akun group ini baru dua hari kita buat namun sudah 310 pelaku ekonomi kreatif yang mendaftar, dan ini ada sekitar 400an yang sedang kita verifikasi."jelas Agus.

Melalui akun group ini Agus berharap akan semakin memudahkan para pelaku ekonomi kreatif dalam memasarkan produknya sekaligus berhubungan langsung dengan para pembeli.

"Dengan adanya akun group ini maka semakin memudahkan para pelaku ekonomi kreatif kita untuk memasarkan produknya sehingga dapat semakin mengembangkan usahanya."kata Agus.

Disamping itu akun group ini juga dapat dijadikan acuan data jumlah pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Medan.

"Dari akun ini kita juga dapat melihat jumlah pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Medan karena group ini hanya di khususkan untuk para pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Medan."ujarnya.

Adapun sejumlah bidang ekonomi kreatif yang ditawarkan dalam akun group ini meliputi aplikasi dan pengembangan, permainan, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film dan animasi, fotografi, video, kerajinan tangan, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi dan radio.

Usai mendengar penjelasan dari Agus Suriyono tersebut, Plt Wali Kota Medan menilai ide pembuatan akun group ini sangat bagus karena menjadi sebuah wadah untuk mempertemukan antara penjual dan pembeli.

"Idenya sangat bagus, karena kita terus berusaha mengembangkan ekonomi kreatif di Kota Medan."kata Plt Wali Kota Medan.

Demi semakin berkembangnya akun group ini, Plt Wali Kota Medan juga menyarankan agar tampilan akun group ini dapat lebih disederhanakan sehingga masyarakat mudah untuk mencari produk yang diinginkan.

"Tampilanya harus lebih dipermudah misalnya dengan membuat kelompok dari tiap-tiap produk yang di promosikan, jadi masyarakat mudah mencari produk yang diing[rs]   

Posting Komentar

Top