0
10 MANFAAT SEDEKAH

            Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan adalah bersedekah. Banyak di dalam Alquran dan hadis Nabi yang menyuruh kita agar bersedekah kepada fakir miskin, yatim piatu dan orang susah. Dengan demikian seyogianya setiap muslim dan muslimah harus menyisihkan sebagian hartanya untuk disedekahkan fi sabilillah, karena perintah Allah dan Rasul-Nya mesti dilaksanakan dengan baik.
            Sedekah  boleh diberikan secara langsung kepada fakir miskin, namun boleh juga melalui lembaga yang membantu untuk menyalurkan sedekah yang kita berikan. Dengan adanya lembaga penyalur sedekah diharapkan dapat memaksimalkan pengumpulan sedekah dari kaum muslimin dan muslimat dan meratakan pendistribusian sedekah kepada yang berhak.
            Setiap suruhan dan larangan dalam Alquran dan Hadis Nabi mengandung hikmah dan manfaat, baik di dunia apalagi di akhirat nantinya.
            Ada beberapa manfaat dari bersedekah sebagaimana yang dijelaskan dalam Alquran, Hadis Nabi dan kitab-kitab para ulama kita, diantaranya adalah:
1.      Mengilangkan sifat kikir
Orang yang gemar bersedekah akan terlepas dari sifat kikir atau pelit. Sebaliknya orang yang tidak mau bersedakah maka ia masih tergolong kepada orang-orang yang kikir atau pelit. Gelar kikir atau pelit merupakan tanda orang yang tercela, karena Ayat Alquran dan Hadis Nabi mencela dan memandang hina orang bersifat demikian. Jika ingin terhindah dari sifat tersebut maka bersedekahlah semampunya, besedekah tidak harus banyak.
2.      Ibarat bersedekah kepada diri sendiri
Setiap kita kita bersedekah kepada orang lain, pada hakikatnya kita telah bersedekah kepada diri kita sendiri. Apa yang kita berikan itu yang kita terima, apa yang kita tanam itu yang kita petik hasilnya. Jika seseorang tidak pernah menanam maka sampai kapanpun ia tidak akan pernah memanen hasilnya. Disaat manusia menerima balasan hasil sedekahnya tinggallah orang yang malas bersedekah menanggung penyesalan yang tiada terhingga. Bersedekahlah karena itu akan kembali kepada kita.
3.      Mendapat naungan dan pertolongan
Orang yang gemar bersedekah akan mendapat pertolongan Allah Swt., baik di dunia atau di akhirat. Di akhirat akan mendapat naungan Allah di hari yang tiada naungan melainkan naungan Allah. Di saat manusia merasa kepanasan karena dekatnya Matahari dengan ubun-ubun, namun ada manusia yang merasa nyaman dan tenang karena mereka dinaungi sedekah yang pernah mereka berikan di dunia.
Dalam kehidupan di dunia ini juga orang yang suka bersedekah akan mendapat pertolongan Allah Swt., karena Allah akan menolong hamba yang mau menolong saudaranya, dan Allah tidak akan peduli terhadap orang yang tidak mau tahu terhadap keadaan saudaranya.
4.      Menolak bala dan malapetaka
Ahli sedekah akan dijauhkan dari bala dan malapetaka, karena dengan sedekah yang mereka berikan telah menolak kesusahan dan menutup kesulitan yang dirasakan fakir miskin. Semakin banyak sedekah kita semakin jauh kita dari setiap bala dan malapetaka.
5.      Allah ganti dengan yang lebih baik
Orang senantiasa besedekah akan mendapat ganti dari Allah yang Maha Kaya, karena Allah sangat senang kepadanya. Bahkan ganti yang Allah berikah lebih baik dan lebih banyak, karena langit dan bumi serta semua isinya adalah milik Allah Swt. Jangan takut miskin karena bersedekah karena Allah Maha Melihat dan Maha Mengetahui.
6.      Menambah harta
Siapa saja yang ingin bertambah hartanya maka bersedekahlah. Secara zahir memang uang yang disedekahkan menyebabkan berkurangnya harta kita, namun pada hakikatnya akan bertambah, karena perintah Allah tidak ada yang sia-sia. Setiap pagi ada Malaikat yang bedo’a agar Allah tambah harta orang yang suka bersedekan, dan Malaikat yang lain meminta agar orang yang pelit mendapat kebangkrutan dalam usahanya. Jika ingian harta betambah maka rajinlah bersedekah.
7.      Mendatangkan keberkahan dalam hidup
Sedekah yang kita berikan kepada orang lain akan mendatangkan keberkahan dalam hidup kita, baik secara individu atau keberkahan kepada keluarga. Dengan bersedekah berarti kita membuat orang lain senang, hal itu secara batin akan membuat kita tenang dengan ketengangan akan mendatangkan keberkahan hidup.
8.      Melapangkan kubur
Mayit yang ketika hidup di dunia gemar bersedekah akan menjadikan kuburnya lapang, tidak sempit dan menakutkan. Sedekah dapat melapangkan kehidupan orang lain, karena itu orang yang bersedekah akan Allah lapangkan kuburnya. Begitu juga orang yang mampu bersedekah namun tidak mau bersedekah maka Allah akan sempitkan kuburnya, karena sewaktu hidup juga ia tidak mau melapangkan kehidupan orang lain dengan bersedekah.

9.      Amal yang terus mengalir pahalanya
Salah satu pahala yang terus mengalir pahalanya kepada si mayit adalah harta yang diwakafakan di jalan Allah. Demikian juga sedekah yang terus dirasakan orang manfaatnya sekalipun orang yang besedekah sudah meninggal dunia, maka Allah juga akan memberikan kemuliaan kepadanya dengan terus memberikan rahmat dan kasih-sayang. Bersedekahlah karena akan mendapat balasan yang tidak ada putus-putusnya.
10.  Dimudahkan hisab pada hari kiamat
Sedekah pada hakikatnya membersihkan harta kita dari yang syubhat. Dalam berusaha dan bekerja mungkin ada yang syubhat yang kita dapatkan. Jika ini berlanjut sampai hari kiamat maka akan menyulitkan hisab kita. Dengan seringnya seseorang bersedekah maka akan memudahkan hisabnya pada hari kiamat nanti.


Oleh: Dr. H. M. Tohir Ritonga, Lc. MA
(Direktur PP. Darul Quran Pencut Sei Tuan Deli Serdang/ Anggota Komisi Fatwa MUI SU)

Posting Komentar

Top