0
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar bersama tim saat melaksanakan Kunjungan Kerja ke Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat. 
JAKARTA | GLOBAL SUMUT-Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar menyatakan bahwa menghadapi pandemi Covid-19, maka berbagai upaya harus dilakukan agar Bangsa Indonesia tidak mengalami krisis ekonomi lebih dalam, salah satunya adalah memperkuat produksi pertanian. Menurutnya, diperlukan reorientasi ekonomi baru karena Indonesia menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

Orientasi ekonomi baru yang dimaksudkan salah satunya dengan memperkuat sektor pertanian. "Pertanian adalah solusi menghadapi krisis, 75 persen desa desa kita adalah desa pertanian, dan mayoritas penduduk Indonesia pendapatannya bertumpu pada sektor pertanian dan sumber daya alam, karenanya dibutuhkan perhatian khusus ke sektor ini," ujar Gus Muhaimin, sapaan akrabnya saat melaksanakan Kunjungan Kerja ke Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat, Minggu (19/7/2020).

Lebih jauh Gus Muhaimin menjelaskan bahwa orientasi ekonomi baru ke sektor pertanian ini dibutuhkan karena Indonesia harus menjadi kekuatan pangan dunia. “Kita harus keluar dari ketergantungan global, khususnya dari sektor pertanian dan pangan. Bangsa Indonesia harus berdaulat pangan, kita tidak boleh menggantungkan nasib pangan 260 jutaan rakyat Indonesia dari luar karena itu sangat berbahaya jika terjadi krisis,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Rektor IPB Prof Arif Satria menjelaskan dan menunjukkan berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh IPB di bidang teknologi pertanian dan pangan berbasis 4.0, dan dengan mendorong regenerasi petani dengan menciptakan sociopreneur, misalnya dengan mengembangkan program santrienterpreneur.

Menanggapi hal tersebut, Muhaimin semakin optimis bahwa gagasan untuk melakukan reorientasi ekonomi baru ke sektor pertanian dapat diwujudkan karena adanya dukungan dari Perguruan Tinggi dan para pakar. Dia menegaskan bahwa apa yang digagas oleh IPB sejalan dengan apa yang sedang didorong oleh dirinya dalam kapasitas sebagai Wakil Ketua DPR RI Korkesra.

"Saya sudah memerintahkan kepada semua calon pimpinan daerah yang diusung oleh PKB untuk melakukan kontrak politik dengan menjalankan reorientasi ekonomi baru ke sektor pertanian dan ekonomi alternatif lainnya yang menyejahterakan rakyat dan tidak merusak lingkungan," tutup Muhaimin. (red)

Posting Komentar

Top