0


BELAWAN | GLOBAL SUMUT- Pjs Wali Kota Medan, Ir.Arief Sudarto Trinugroho,MT memimpin apel bersama dalam rangka kesiapan penanggulangan bencana alam di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan, Rabu (11/11). Apel bersama yang dipusatkan di lapangan Apel Polres Pelabuhan Belawan diikuti oleh sejumlah personil yang terdiri dari Polri, Basarnas, Dishub, dan BPBD. Apel diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Pjs Wali Kota Medan, Ir.Arief Sudarto Trinugroho,MT bersama dengan Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Mhd. R. Dayan guna melihat kesiapan seluruh personil.

Pjs Wali Kota Medan dalam arahannya mengatakan musibah bencana atau apapun namanya yang berbentuk kejadian yang tidak diharapkan bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Apalagi Indonesia berada dalam lingkaran cincin api atau Ring of Fire sehingga bencana bisa sewaktu-waktu terjadi di tanah air. Penyebab bencana selain karena kondisi alam, bisa juga karena prilaku manusia dan dampak pembangunan yang tidak ramah lingkungan dan tidak mempertimbangkan risiko bencana yang bisa terjadi. Untuk itulah, Pjs Wali Kota Medan mengajak seluruh jajaran untuk membangun paradigma kesiapsiagaan terhadap musibah bencana pada seluruh aspek kehidupan sehingga mampu menciptakan kondisi tanggap terhadap bencana dan mengurangi risiko yang mungkin dapat timbul sewaktu-waktu.


 "Dengan kesiapsiagaan musibah itu insya allah akan bisa kita tanggulangi bersama."kata Pjs Wali Kota Medan. Oleh karena Indonesia berada di kawasan Ring of Fire, Pjs Wali Kota Medan mengungkapkan segala bentuk musibah dan bencana alam pernah terjadi dan sangat mungkin akan kembali terjadi lagi di Indonesia. Salah satu bencana alam yang kerap rutin terjadi di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan adalah banjir rob. Sebagai musibah yang kerap terjadi, banyak warga yang menganggap hal ini sebagai hal yang biasa saja, padahal musibah banjir rob bisa di minimalisir dampaknya jika memiliki sistem drainase air yang mumpuni.

"Karena itu peringatan dini atas segala potensi bencana harus terus kita pantau jangan sampai lengah agar kita tidak kecolongan. Jika kita mampu mengantisipasi saya yakin kita akan selalu siap sedia dalam menghadapi musibah bencana alam dan turut berperan serta secara aktif dalam menjaga situasi kondusif di kota Medan."ujar Pjs Wali Kota Medan.

Sambungnya lagi, apapun bentuknya musibah bencana alam itu tidak ingin kita alami namun tidak bisa kita hindari dari takdir yang telah digariskan untuk kita.


"Peringatan dini atas segala potensi bencana harus terus kita pantau jangan sampai lengah agar kita tidak kecolongan, jika kita semua mampu mengantisipasi hal ini, saya yakin kita akan selalu siap sedia dalam menghadapi musibah bencana alam dan turut berperan serta secara aktif dalam menjaga sutusi yang kondusif," Imbunya.

"Saya berharap kita semua mampu bersikap profesional, modern dan terpercaya sehingga apapun potensi bencana alam bisa diminimalisir dampaknya."harapnya.

Dalam kegiatan apel tersebut melibatkan pasukan dari beberapa Peleton antara lain,

1 Pleton Personil Dishub, 1 Pleton Personil BNPB Deli Serdang, 1 Pleton Dari Basarnas, dan 1 Pleton Personil Polres Pelabuhan Belawan, yang dihadiri sejumlah penjabat utama dari masing - masing instantasi yakni, Plt. Wali Kota Medan Ir.Arif S.TRI Nugroho.MT, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Dr. Mhd. R. Dayan,SH.MH, Danyon Marhanlan I Belawan Letkol (Mar) Farick, M.Tr Opsla, Bupati Deli Serdang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian  Putra Jaya Manalu, Kasat Pol PP Kota Medan Sofyan, Kepala Dinas Perhubungan Deli Serdang James Manurung,SE, Pasiops Yonmarhanlan I Kapten Kapten Marinir Santri Mada Seba Sitepu, Waka Polres Pelabuhan Belawan Kompol Herwansyah Putra,SH.M.Si dan para PJU Polres Pelabuhan Belawan.

Informasi diterima awak media ini dari Kasubbag Humas melalui Paur Humas Polres Pelabuhan Belawan Bripka Adreas C.Lubis menyebutkan setelah selesai pelaksanaan kegiatan apel kesiapan penanggulangan bencana, kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan rapat koordinasi bersama pimpinan daerah dan Instansi terkait di ruang aula Wira Satya Mapolres Pelabuhan Belawan. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Dr.Mhd R.Fayan,SH,MH diwakili oleh Waka Polres Pelabuhan Belawan Kompol Herwansyah Putra,SH,M.Si.(Abu)

Posting Komentar

Top