0


BELAWAN | GLOBAL SUMUT-Kampung Nelayan Pelangi Belawan hari ini berubah menjadi warna ungu, Kedatangan ratusan prajurit Marinir TNI AL dengan baret khas warna ungu ke Kampung Nelayan yang biasa disebut Kampung Nelayan Pelangi, Jumat (24/09/2021).

Kampung Nelayan Pelangi yang berada di seberang Markas Komando Lantamal I kelurahan Belawan I, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, cukup tersohor. Selain rumah di kampung itu rata-rata terbuat dari kayu dan papan berkonsep panggung dibawahnya air laut. Perkampungan berpenduduk 600 KK atau lebih kurang 2.281 jiwa tersebut tidak kumuh lagi. Kampung Nelayan Pelangi itu sudah menjadi Perkampungan Pelangi, rumah dan berbagai fasilitas tercat dengan rapi dengan berbagai warna bagai Pelangi. Perubahan yang mencolok tersebut merupakan salah satu kerja keras prajurit TNI AL Lantamal I untuk bergotong royong melaksanakan pengecatan warna warni sehingga merubah situasi kampung dari kumuh menjadi indah.

Hari Jumat yang penuh berkah ini, kampung Pelangi mendapat tamu kehormatan dari TNI AL dengan kedatangan Komandan Pasukan Marinir 1 (Danpasmar) Brigjen TNI (Mar) Hermanto, SE, MM, beserta Ketua Korcab Pasmar 1 Ny. Dr. dr. Indah Hermanto SM. Sp.PD KAI  dan didampingi Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono yang diwakili Wadan Lantamal I Kolonel Marinir Amir Kasman yang meninjau langsung serbuan Vaksinasi maritim dan pembagian sembako yang digelar Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) Lantamal I kepada 500 Masyarakat Maritim di Kampung Nelayan Pelangi tersebut sehingga merubah suasana kampung menjadi warna ungu.

Danpasmar I yang menyempatkan diri  melaksanakan olahraga bersama dengan prajurit dan Jalasenastri Yonmarhanlan I di Mako Yonmarhanlan I, kemudian Danpasmar 1 beserta rombongan dengan menggunakan Sea Rider dan Perahu Karet  menyeberang ke Kampung Nelayan Pelangi Seberang untuk meninjau kegiatan serbuan vaksinasi dan pembagian sembako yang dilaksanakan Yonmarhanlan I kepada masyarakat maritim. 

Vaksinasi terhadap ratusan masyarakat kampung Nelayan Pelangi ini bisa terlaksana berkat kerjasama dan sinergitas  Polres Pelabuhan Belawan, Koramil Belawan dan Pemko Medan, yang dilaksanakan dalam rangka mensukseskan program Pemerintah dalam memerangi virus Covid-19, sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia kepada  Panglima TNI dan Kasal untuk melaksanakan program pemerintah untuk vaksinasi 70% dari jumlah penduduk Indonesia. Pungkas Danpasmar 1.
 

Dalam pelaksanaan serbuan vaksinasi di Kampung Pelangi tetap dilaksanakan sesuai prosedur kesehatan Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan harus memakai masker, menjaga jarak dengan tidak bergerombol yang selalu dingatkan oleh prajurit Yonmarhanlan I Belawan yang mengatur jalannya kegiatan vaksinasi. 

Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan serbuan vaksinasi hari ini untuk masyarakat maritim di Kampung Nelayan Pelangi disiapkan tenaga kesehatan sebagai vaksinator sebanyak 4 Tim, 1 Tim dari Dinas Kesehatan Lantamal I dan 1 Tim dari RSAL Komangmakes, 1 tim dari Puskesmas Belawan dan 1 tim dari Puskesmas Sicanang Belawan. 

(GS/ABU HASAN)

Posting Komentar

Top