0


BANDA ACEH | GLOBAL SUMUT - Puluhan dosen dari enam universitas di Kota Banda Aceh maupun Kabupaten Aceh Besar mendapatkan training serta workshop berbasis project-based dan case based teaching and learning, pada Kamis (24/11). Pelatihan diberikan secara kontinu hingga Desember 2022. 

Ketua Program Training and Workshop on Project-Based and Case-Based Teaching and Learning, Dr Kismullah SPd MAppLing didampingi wakilnya, Dwi Juliayana mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan alumni Australia tersebut bertujuan untuk mengembangkan kapasitas dosen di Aceh. 

“Dengan pendekatan pengajaran serta pembelajaran berbasis proyek dan kasus,” kata Kismullah, dalam keterangan tertulis, Jumat (25/11). 

Kegiatan ini dikatakannya, juga merupakan upaya peningkatan kapasitas tenaga pengajar maupun universitas dalam memenuhi Indikator Kinerja Utama (IKU) 7 tentang pembelajaran kolaboratif dan partisipatif. 

Dia menyampaikan, Training and Workshop on Project-based and Case-based Teaching and Learning ini didanai oleh Pemerintah Australia melalui Alumni Grant Scheme (AGS) yang diadministrasikan oleh Australia Awards in Indonesia. Tujuan AGS adalah untuk mendukung aplikasi dan berbagi ilmu serta pengalaman yang diperoleh alumni Indonesia selama studi mereka di Australia. 

Pria yang juga koordinator Program Studi (Prodi) S1 Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala (USK) itu menjelaskan, skema hibah tersebut dimaksudkan untuk memfasilitasi penguatan keterkaitan antara orang Indonesia dan Australia. 

“Oleh karena itu, Alumni Australia ingin berpartisipasi dan memberikan kontribusi kepada masyarakat secara lebih luas melalui program AGS tersebut salah satunya dalam bidang pendidikan,” jelasnya. 

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) USK, Prof Dr Adlim MSc menyampaikan dukungan dan apresiasi kepada seluruh tim penyelenggara, narasumber serta peserta kegiatan. 

“Saya sangat bangga telah melihat penyusunan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi banyak orang,” ujar Adlim. 

Peserta kegiatan acara training dan workshop ini terdiri dari enam universitas, di antaranya Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Muhammadiyah (Unmuha), Universitas Serambi Mekkah (USM), Universitas Bina Bangsa Getsempena (UBBG), Universitas Iskandar Muda (Unida), dan Universitas Abulyatama (Unaya). 

Secara rinci, 30 peserta itu berasal dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Agama Islam, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). 
Lebih lanjut, jadwal pelaksanaan acara training dan workshop ini dimulai pada 24 November berlanjut 1, 8, hingga 15 Desember 2022 yang dibimbing langsung oleh ketiga narasumber. 

Adapun narasumber atau tenaga ahli yang ditargetkan, yaitu Prof Dr Rahmah Johar SPd MPd, Dewi Andayani SPd MPd, dan Nira Erdiana SPd MPd. 

Metode pelaksanaan training and workshop ini akan dimulai dengan mengkaji Case-based Learning pada pekan pertama dan kedua. Lalu pekan ketiga serta keempat akan dilanjutkan dengan pembahasan mengenai Project-based Learning.(Don Zakiyamani)

Posting Komentar

Top