0

MEDAN | GLOBAL SUMUT.COM - Kemenkumham semakin pasti berakhlak serta berdampak merupakan Resolusi Kemenkumham Tahun 2024 yang telah digalakkan sejak awal Januari lalu. Melalui apel pagi serentak awal tahun 2024 Komitmen ini dinyatakan serentak oleh seluruh jajaran Kemenkumham di seluruh Indonesia, secara singkat dapat dijelaskan bahwa Kemenkumham semakin pasti berakhlak dan berdampak memiliki arti terjadinya Peningkatan Kualitas Kerja dan Kontribusi dalam memajukan Institusi serta berdampak langsung kepada penerima layanan.

Pernyataan tersebut tentunya sejalan dengan upaya penanganan Overkapasitas yang dilakukan oleh Rutan Kelas I Medan dengan memutasikan Wargabinaan ke Unit Lapas lainnya sehingga memberikan dampak yang lebih baik dalam pemberian layanan dan Pembinaan bagi Wargabinaan. 

Overkapasitas yang dengan kata lain diartikan sebagai Kelebihan Kapasitas dalam hal ini merupakan Kondisi Rumah Tahanan atau Lembaga Pemasyarakatan yang dihuni oleh Narapidana melebihi dari Kapasitas yang seharusnya. Permasalahan Overkapasitas sendiri kerap disebut sebagai masalah lama oleh kalangan Masyarakat yang berarti masalah yang ada sejak dahulu terjadi di dalam Rumah Tahanan atau Lembaga Pemasyarakatan.

Rumah Tahanan negara Kelas I Medan sendiri yang hari ini berpenghuni 3138 Orang Wargabinaan nyatanya hanya memiliki Kapasitas sejumlah 1250 Orang Wargabinaan. Hal ini berarti ada 1888 orang awargabinaan yang melebihi Kapasitas yang telah ditentukan atau sekitar 250 persen Overkapasitas.

Oleh sebab itu Mutasi Wargabinaan merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga ketertiban dan mengurangi Overkapasitas yang terjadi. Pada hari ini Sabtu 23 Maret 2024 Rumah Tahanan Negara Kelas I Medan memutasikan sejumlah 60 Orang Wargabinaan ke Lapas lain sehingga  dapat Meminimalisir Overkapasitas dan memberikan dampak Positif bagi Wargabinaan lainnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR), Mytrando Indra Tuju menjelaskan bahwa Mutasi Wargabinaan dilakukan sesuai dengan kebutuhan Organisasi, tidak sembarangan dan demi menjaga Keamanan Ketertiban di dalam Rutan. “yang kita Mutasikan sesuai kebutuhan Pak, semua untuk kebaikan Organisasi dan menjaga Keamanan di dalam Rutan” jelas Mytrando.

Melalui Mutasi Wargabinaan diharapkan Overkapasitas yang terjadi dapat diminimalisir sehingga Resolusi Kemenkumham semakin pasti berakhlak dan berdampak dapat segera terwujud. (Ind)

Posting Komentar

Top