0
STABAT | GLOBAL SUMUT  - kepala perwakilan Bank Indonesia Wilayah IX (Sumatera Utara dan Aceh) Achmad Fauzi di dampingi dengan Suti Masniari Nst sebagai manager tim perberdayaan sektor Rill & UMKM BI Wilayah IX beserta tim yang lain, melaksanakan audiensi dan di terima langsung  oleh Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH di Rumah Dinas pada Selasa, (23/10). Dalam audiensi tersebut Achmad Fauzi menyampaikan rencana “Program Desa Kita” yaitu suatu program memperkuat kemampuan unit pengembangan sector Rill. Program ini diluncurkan setiap tahunnya oleh Bank Indonesia denga tujuan untuk membentuk Desa mandiri dan berdasarkan hasil survey yang dilaksanakan sebelumnya maka diputuskan  salah satu desa yang ada di Langkat yakni Desa Aman Damai Kec. Serapit menjadi sasaran program.

Masih menurut Achmad Fauzi, program yang direncanakan memakan waktu 16 Bulan ini nantinya akan dibantu pelaksanaannya tim konsultan yang di tunjuk oleh BI, dan bila tidak ada halangan akan mulai digelar di Desa Aman Damai awal November 2012. Adapun kegiatan yang dilaksanakan di fokuskan pada pemberdayaan potensi ekonomi setempat melalui pengembangan sektor usaha 1) Kerajinan bordir 2) Budi daya ikan lele 3) Budi daya bebek bertelur 4) Budi daya Ayam kampung 5) Penakaran benih padi yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat setempat di samping itu program Desa Kita juga mencakup perbaikan Ruangan Balai Desa dan fasilitas pendukungnya, yang kesemuanya di perkirakan mencapai nilai sebesar lebih kurang Rp.550.000.000,00-.

Untuk merealisasikan program dimaksud perlu di tindak lanjuti dengan pembuatan Nota kesepahaman antara Bank Indonesia Wilayah IX (Sumatera Utara dan Aceh) dengan pemerintah Kab. Langkat untuk bekerja sama dalam pengembangan Desa Aman Damai.

Selanjutanya Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH menyambut baik terjadinya sinergi antara program BI dalam mendorong pemberdayaan sektor Rill & UMKM melalui perwujudan Desa mandiri, yang selaras dengan program kerja yang dimiliki oleh Pemkab Langkat, terutama sekali Visi Mewujudkan Masyarakat Langkat Yang Religius, Maju, Sejahtera Dan Mandiri. “Saya akan instruksikan SKPD terkait untuk dapat mendukung terealisasinya kerja sama ini” ujarnya mengakhiri.(Awaluddin)

Posting Komentar

Top