0
TANJUNG PURA | GLOBAL SUMUT- Sebanyak 80 pelajar SMA sederajat di Kec. Tanjung Pura mengikuti Work Shop HIV & AIDS yang digelar oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kab Langkat bertempat di Aula Kantor Camat Tanjung Pura, Rabu (21/11).

KPA Kab Langkat merupakan sebuah lembaga sosial yang bertujuan untuk meningkatkan upaya pencegahan dan penanggulangan AIDS yang lebih intensif, menyeluruh, terpadu dan terkoordinasi yang diketuai oleh Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH.

Pada kegiatan Work Shop ini, KPA mengajak para pelajar agar tidak hanya mendengarkan penyuluhan dari narasumber saja, tetapi mereka diajak untuk ikut aktif dalam kegiatan, menuangkan ide kreatifnya serta dilatih bagaimana strategi pencegahan penularan HIV dilingkungan sekitar mereka.

Narasumber terdiri dari Kadis Kesehatan Kab Langkat dr H Gunawan M.Kes, Sekretaris Harian KPA Langkat Kenderwis SKM MKes dan dari Kepala Puskesmas Beras Basah Kec Pangkalan Susu Arlina Prihhesti SKM.

HIV sangat berkaitan dengan pengguna narkoba jarum suntik. dr Gunawan menghimbau para pelajar yang hadir agar jangan sekali-kali mencoba jenis narkoba apapun. Karena biasanya diusia pelajar rasa keingintahuan untuk mencoba lebih tinggi.

“Virus masuk kedalam sel darah putih (Limfosit), berkembang biak dan pada akhirnya menghancurkan sel serta melepaskan virus yang baru. Limfosit berfungsi mengaktifkan dan mengatur sel lainya pada sistem kekebalan tubuh,” ujar Kenderwis saat menyampaikan materi kepada peserta.

Sementara itu Arlina Prihhesti lebih menyoroti kepada kesehatan reproduksi remaja. Kepala Puskesmas Beras Basah itu menjelaskan bahwa kesehatan reproduksi merupakan suatu keadaan sehat yang bukan saja berarti bebas dari penyakit atau kecacatan, tetapi  sehat secara mental dan sosial berkaitan dengan sistem, fungsi dan proses reproduksi.

“Melalui kegiatan work shop ini, kami menjadi lebih memahami masalah HIV & AIDS serta menambah wawasan tentang bahaya dan penularannya,” ucap Desi Pravita salah seorang peserta dari SMA Negeri 1 Tanjung Pura.

Tampak hadir Kasubbag Umum Kantor Camat Tanjung Pura Khairiansyah, Ketua Harian KPA Langkat OK Husin Bahrum serta staf KPA Paisal Wedrab dan Hanafi.(Awal / Langkat)

Posting Komentar

Top